Hagia Sophia

20 December 2023

Piala Dunia Antarklub: Urawa Reds Kalah dari Man City 0-3

Manchester City ke final Piala Dunia Antarklub 2023 usai kalahkan Urawa Red Diamonds (AP/Manu Fernandez)

Manchester City melangkah ke Final Piala Dunia Antarklub 2023. Ini setelah Citizens menang 3-0 atas wakil Jepang Urawa Red Diamonds di semifinal.

Pada pertandingan yang dihelat di King Abdullah Sports City, Jeddah, Rabu (20/12/2023) dini hari WIB, City unggul 1-0 di babak pertama lewat bunuh diri Marius Hoibraten. Pada babak kedua, Mateo Kovacic dan Bernardo Silva menambah dua gol.

Dengan hasil ini, City akan bertemu jawara Amerika Selatan Fluminense di partai puncak Piala Dunia Antarklub 2023, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB. Urawa akan berebut peringkat ketiga dengan klub Mesir Al Ahly beberapa jam sebelumnya.

Jalannya pertandingan

City bermain tanpa striker di laga ini dengan menempatkan Phil Foden sebagai false nine dalam formasi 4-2-3-1. Erling Haaland tidak masuk dalam skuad dan Julian Alvarez dicadangkan.

Meski demikian, City tetap tampil dominan atas Urawa sejak menit awal. Pada menit kedelapan, City mendapatkan peluang pertamanya lewat Rodri yang coba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, tapi melebar di sisi kanan.

Tiga menit kemudian permainan pendek City di pertahanan sendiri nyaris membahayakan gawang. Jose Kante mendekati Ederson yang tengah menguasai bola dan nyaris merebutnya, sebelum bisa diamankan.

Pada menit ke-15, umpan terukur Jack Grealish ke kotak penalti disambut sepakan first time kaki kiri Bernardo Silva sambil menjatuhkan diri, namun bola bisa diselamatkan Shushaku Nishikawa.

City terus berupaya mencari gol tapi pertahanan Urawa yang berlapis membuat peluang sulit didapat. Foden yang bertugas di depan malah lebih sering bermain melebar, sehingga tidak ada target man yang dituju pemain City lainnya.

Matheus Nunes memiliki kans untuk bikin gol pada menit ke-31 saat bermain umpan 1-2 dengan Silva, sebelum menembak ke gawang. Nishikawa dengan sigap menepisnya dan berujung korner.

Nishikawa kembali menggagalkan peluang City pada menit ke-37. Kali ini Silva menyodorkan bola kepada Foden yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti dan bisa diadang Nishikawa.

Kebuntuan akhirnya pecah di injury time babak pertama lewat gol bek Urawa Marius Hoibraten, meski dilakukan ke gawang sendiri. Hoibraten yang hendak memotong bola umpan tarik Nunes malah mengarahkannya ke pojok tanpa bisa dihalau Nishikawa.

Gol bunuh diri pemain Urawa Reds membawa City memimpin 1-0. (Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE)

Skor 1-0 untuk keunggulan City bertahan hingga turun minum.

City tak membuang kesempatan untuk langsung tancap gas selepas jeda. Hasilnya mereka menambah keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-51 lewat Mateo Kovacic.

Serangan City dibangun dari belakang ketika John Stones memberikan bola kepada Kyle Walker. Melihat Kovacic dalam posisi on goal, Walker mengumpan dengan bagian luar kaki kanan dan dituntaskan dengan sepakan jarak dekat oleh rekannya asal Kroasia itu ke gawang Urawa.

Mateo Kovacic membawa Man City memimpin 2-0. (Foto: AP/Manu Fernandez)

City hampir mencetak gol ketiga pada menit ke-56 saat umpan silang Grealish dari sisi kiri menemui Nunes di tiang jauh. Berada dalam posisi bagus, sundulan Nunes malah melenceng.

Serangan balik cepat City membuahkan gol ketiga pada menit ke-59 yang dicetak Silva. Umpan panjang dari pertahanan menemui Nunes yang merangsek ke kotak penalti dan melepaskan sepakan keras yang bisa ditepis Nishikawa.

Bola muntah jatuh di kaki Silva yang langsung menembak dengan kaki kiri, dan membentur Hoibraten dulu sebelum masuk ke pojok kiri gawang Urawa.

Gol ketiga Man City dicetak Bernardo Silva. (Foto: AFP/GIUSEPPE CACACE)

Pada menit ke-63, Jack Grealish membuang peluang emas ketika tinggal berhadapan dengan kiper Nishikawa. Grealish terlalu lama menguasai bola dan ragu-ragu menembak, sehingga bisa digagalkan Nishikawa untuk dibuang oleh Hoibraten.

Unggul tiga gol sempat membuat City lengah saat memainkan bola di pertahanan sendiri. Ederson terlalu lama untuk membuang bola sehingga bisa direbut Bryan Linssen. Beruntung bek City dengan cepat merebut bola sebelum ditembak Linssen ke gawang kosong pada menit ke-66.

Oscar Bobb yang jadi pemain pengganti nyaris bikin gol pada menit ke-69 andaikan sepakannya tak menyamping di sisi kiri gawang Urawa. Demikian juga dengan peluang Julian Alvarez dari jarak dekat pada menit ke-77, tapi Nishikawan bisa membendung bola.

Kans terbaik Urawa di babak ini hadir pada menit ke-81 saat kemelut di pertahanan City membuat Shoya Nakajima bebas menembak bola di kotak penalti, yang bisa diadang kaki Ederson dan berujung korner.

City tetap menang 3-0 di akhir laga dan melaju ke final untuk bertemu Fluminense.



























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Urawa Reds Vs Man City: Citizens ke Final Piala Dunia Antarklub 2023"