Hagia Sophia

20 December 2023

Benarkah Bila Terlalu Sering Bersepeda dan Naik Motor Bisa Picu Radang Prostat?

Ilustrasi bersepeda (Foto: AP/Mark Schiefelbein)

Olahraga bersepeda maupun bepergian naik kendaraan bermotor merupakan aktivitas yang sering digandrungi masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka, kedua aktivitas tersebut ternyata berisiko memicu penyakit prostatitis atau radang prostat pada pria.

Spesialis urologi dr Hilman Hadiansyah mengatakan, meski tak berkaitan secara langsung, penggunaan motor dan sepeda yang terlalu lama dapat memberikan penekanan di selangkangan yang tentunya akan berdampak pada prostat. Ditambah, jika seseorang tersebut menahan pipis saat sedang bersepeda dan bepergian naik kendaraan bermotor.

Kondisi seperti ini disebutnya dapat memicu kolonisasi bakteri di dalam saluran kemih, hingga berisiko terkena prostatitis.

"Penggunaan sepeda, naik motor jarak jauh, risiko terkena prostatitis itu bisa. Tapi kaitannya tidak secara langsung, lebih kepada long fly, penggunaan motor dan sepeda yang terlalu lama, dan mungkin dia nahan pipis, itu juga bisa," imbuhnya saat ditemui di GBK, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

"Urine itu sebaiknya 'first in first out', tapi kalau dia lama stuck di situ, dia muter-muter saja di kandung kemih, apalagi terjadi penekanan di selangkangan (karena sepeda dan naik motor terlalu lama), daya tahannya menurun, itu bisa terkena prostatitis," ucapnya.

dr Hilman mengatakan, prostatitis merupakan salah satu kondisi dari tiga masalah prostat yang kerap dialami pria. Kondisi ini dapat terjadi pada setiap usia pria, tetapi lebih sering pada pria berusia di bawah 50 tahun.

Sekitar 8,2 persen laki-laki akan mengalami prostatitis pada hidupnya. Adapun pemicunya dapat berupa infeksi, trauma, dan lainnya.

"Prostatitis atau radang pada prostat. Paling sering prostatitis terjadi itu karena bakteri. Adanya sifatnya akut kalau misalnya kurang dari tiga bulan atau kronik atau lebih dari tiga bulan," imbuhnya lagi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Terlalu Lama Bersepeda-Naik Motor Bisa Bikin Radang Prostat, Mitos atau Fakta?"