Hagia Sophia

26 December 2023

Beberapa Khasiat Kopi Tanpa Gula

Ilustrasi orang ngopi pahit/Foto: Getty Images/iStockphoto/thawisak rattanasit

Ada kabar baik bagi penikmat kopi pahit atau kopi tanpa gula. Ternyata, menyeruput kopi tanpa gula memiliki segudang khasiat bagi tubuh.

Selera orang berbeda-beda dalam menikmati secangkir kopi. Ada yang suka kopi pahit, banyak juga yang suka kopi manis.

Bahkan untuk saat ini, kopi tidak lagi identik dengan bapak-bapak atau pria perokok. Hampir semua kalangan menikmati kopi. Buktinya, coffee shop bertebaran di mana-mana.

Sajian kopi yang ditawarkan pun semakin beragam. Mulai dari kopi murni hingga kopi dengan aneka kombinasi.

Namun kali ini, detikJatim akan mengulas soal kopi pahit alias kopi murni alias kopi tanpa gula. Mengutip CNN Indonesia, studi terbaru mengungkapkan alasan mengapa orang suka kopi pahit.

Studi yang dipublikasikan di Nature Scientific Reports itu menunjukkan genetik atau gen berperan penting dalam membuat orang menyukai kopi pahit. Peneliti menemukan orang yang memiliki genetik lebih bervariasi akan lebih menyukai kopi pahit.

Mereka mengaitkan rasa pahit dengan peningkatan kewaspadaan mental yang mereka inginkan dari kafein. Mereka juga akan mendapatkan manfaat yang besar dari minum kopi.

Studi menunjukkan minum kopi pahit dalam jumlah sedang (3-5 cangkir per hari) bisa menurunkan risiko parkinson, penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker. Semua manfaat itu bisa didapatkan dari kopi yang bebas gula, susu dan pemanis tambahan lainnya.

Berikut ini, detikJatim menjabarkan sederet khasiat kopi pahit atau kopi tanpa gula, seperti yang dirangkum detikFood.

Khasiat Kopi Tanpa Gula

1. Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi kopi pahit Foto: Getty Images/grandriver

Daya ingat biasanya menurun seiring bertambahnya usai. Atau disebut pikun. Untuk meningkatkan daya ingat, Anda bisa mencobanya degan mengkonsumsi kopi tanpa gula atau kopi pahit.

2. Meningkatkan Kinerja Fisik

Ilustrasi kopi pahit/ Foto: Getty Images/grandriver

Kopi bekerja dengan meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah. Sehingga mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik.

Itu juga memecah lemak tubuh yang tersimpan dan melepaskan sel lemak ke dalam aliran darah dalam bentuk asam lemak bebas, yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk aktivitas fisik yang berat. Mengkonsumsi kopi dapat membantu meningkatkan kinerja fisik hingga 100 persen.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Ilustrasi kopi pahit/ Foto: Getty Images

Minum kopi pahit secara teratur dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara. Namun efek itu berkurang seiring berjalannya waktu.

Minum 1-2 cangkir kopi tanpa gula setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke. Kopi pahit juga mengurangi tingkat peradangan di tubuh.

4. Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi kopi pahit/Foto: Getty Images/iStockphoto/STUDIO250

Kopi pahit membantu meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa disertai dengan olahraga.

5. Membersihkan Racun

Ilustrasi kopi pahit/Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi kopi tanpa gula adalah membuang racun dan bakteri jahat pada tubuh. Orang yang minum kopi tanpa gula akan sering buang air kecil. Dari situ racun dibuang dalam bentuk urine.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Ilustrasi kopi pahit/Foto: Getty Images/iStockphoto/naramit

Kopi memiliki stimulan psikoaktif yang bisa bereaksi dengan tubuh, serta memiliki kemampuan untuk memperbaiki energi, mood dan fungsi kognitif. Sehingga membuat Anda lebih cerdas selama periode waktu tertentu.

7. Mengurangi Risiko Diabetes

Ilustrasi kopi pahit/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Meminum kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Kopi juga membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan produksi insulin.

8. Mengurangi Risiko Kanker

Ilustrasi kopi pahit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/orinoco-art

Untuk meminimalisir risiko kanker bisa dengan mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan bisa menyerang siapa pun.

Senyawa dalam kopi dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi juga dapat mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama di balik berkembangnya tumor.

9. Mengurangi Stres

Ilustrasi kopi pahit/ Foto: Getty Images/iStockphoto/orinoco-art

Salah satu cara menenangkan pikiran adalah dengan meminum kopi hitam tanpa gula. Meminum kopi saat stres bisa membantu mengubah mood jadi lebih baik.

Kopi merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi dopamin, serotonin dan noradrenalin, neurotransmiter penting yang meningkatkan mood. Dengan berkurangnya stres, Anda akan lebih awet muda.



























Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "9 Khasiat Kopi Tanpa Gula, Sedikit Pahit Banyak Manfaatnya"