Hagia Sophia

26 December 2023

Beberapa Buah Ini Cocok Dikonsumsi Saat Hati Sedang Gundah

Foto ilustrasi: Shutterstock

Perubahan suasana hati adalah hal yang umum terjadi dalam kehidupan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti stres, hormon, dan gaya hidup.

Ketika seseorang merasa suasana hati sedang buruk, makanan justru bisa jadi salah satu penyelamat guna memperbaiki mood.

Salah satu makanan yang dapat dicoba yakni buah-buahan dengan kandungan tertentu, bisa memainkan peran penting dalam membantu menstabilkan suasana hati. Lantas, buah-buahan apa saja sih yang bisa meningkatkan mood?

Dikutip dari Healthshots, 6 buah-buahan berikut mengandung nutrisi penting yang dapat meningkatkan suasana hati.

1. Pisang
Pisang bukan hanya buah yang mudah dikonsumsi, tetapi juga buah yang dapat meningkatkan suasana hati. Pisang kaya akan vitamin B6 yang memainkan peran penting dalam membentuk serotonin, yakni neurotransmitter yang mengatur suasana hati.

Selain itu, pisang juga mengandung triptofan, asam amino yang merupakan cikal bakal serotonin, yang membantu meningkatkan rasa tenang dan rileks.

2. Buah beri
Buah beri, seperti blueberry, stroberi, dan raspberry, tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu memerangi stres oksidatif dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan gangguan suasana hati.

Tingginya kadar vitamin C dalam buah beri juga berkontribusi pada pembentukan dopamin, neurotransmitter yang terkait dengan kesenangan dan kepuasan.

3. Jeruk
Jeruk dan buah jeruk lainnya dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, yang tidak hanya bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh tetapi juga berperan dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin.

Mengonsumsi jeruk dapat membantu meningkatkan suasana hati dan memberikan energi yang menyegarkan.

4. Nanas
Tidak hanya segar, nanas juga buah yang dapat mempengaruhi suasana hari seseorang. Nanas mengandung bromelain, sebuah enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kadar serotonin.

Rasa nanas yang manis dan tajam juga dapat menambahkan sensasi yang menyegarkan ditambahkan pada makanan atau sebagai camilan.

5. Lemon
Lemon adalah sumber vitamin dan air, di mana keduanya dikenal dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Buah yang beraroma sitrus ini dapat meremajakan seseorang dan memberikan dorongan energi secara instan jika diminum dengan air dan daun mint.

6. Tomat
Buah yang kaya akan antioksidan yang disebut likopen ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran manusia. Selain itu, jika dimakan dengan kulitnya, tomat memberikan berbagai nutrisi dan juga dapat meningkatkan energi.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "6 Buah untuk Tingkatkan Mood, Cocok Dimakan saat Suasana Hati Sedang Buruk"