Hagia Sophia

26 December 2023

Buah Berikut Ini Bisa Jadi Penurun Kolesterol Tinggi Usai Makan Daging Saat Nataru

Ilustrasi kolesterol tinggi (Foto: Thinkstock)

Hari Natal telah tiba! Perayaan hari besar ini biasanya identik dengan berbagai hidangan, mulai dari yang manis hingga berlemak seperti daging. Tak sedikit masyarakat yang kalap makan daging sehingga berisiko memicu kolesterol di dalam tubuh.

Pada dasarnya, daging merupakan satu sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, tentunya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dikarenakan daging mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati. Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat.

Adapun senyawa ini terbagi menjadi dua jenis, yakni kolesterol baik (HDL) dan jahat (LDL). Kolesterol baik atau HDL mampu menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke dalam organ hati, kemudian membuangnya keluar dari tubuh.

Sebaliknya, kolesterol jahat dapat menumpuk di dinding pembuluh darah yang dapat menyumbat dan meningkatkan sejumlah risiko penyakit, seperti serangan jantung hingga stroke. Orang dengan kadar kolesterol tinggi perlu mulai mengatur pola makannya agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Sebagai alternatif konsumsi obat-obatan, orang dengan kadar kolesterol tinggi bisa mengkonsumsi buah-buahan sebagai bahan alami untuk menurunkan kolesterol lho, apa saja? Simak penjelasan berikut ini.

1. Apel
Buah apel memiliki kandungan serat larut yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, peserta penelitian yang makan 550 gram apel sehari memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Meskipun begitu, efek ini tidak terlihat pada peserta penelitian yang mengkonsumsi jus apel bening karena seratnya dihilangkan.

2. Alpukat
Selain untuk diet, alpukat juga diyakini sebagai buah penurun kolesterol paling ampuh loh. Pasalnya, buah ini memiliki lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

"Apa pun dengan alpukat akan memiliki rasio lemak tak jenuh tunggal versus tak jenuh ganda yang sangat baik," Emily Schmidt, RDN, ahli diet dari Mayo Clinic.

"Terlalu banyak hanya lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan kolesterol baik [HDL] Anda juga," lanjutnya.

Di sisi lain, sebuah studi tahun 2015 pada 45 orang dewasa dengan obesitas mengukur efek alpukat terhadap kolesterol LDL. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang makan satu buah alpukat setiap hari menurunkan kadar LDL mereka lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak makan alpukat.

Meski bisa dimakan langsung, alpukat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, seperti menggunakan minyak alpukat dalam masakan, menjadikannya salad, hingga sandwich.

3. Jeruk-Beri
Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa pektin, sejenis serat larut, dapat menurunkan kolesterol hingga 10 persen. Ini ditemukan dalam buah-buahan termasuk apel, anggur, buah jeruk, dan stroberi.

Buah-buahan memiliki senyawa bioaktif seperti antosianin, serat, dan fitosterol yang mungkin memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa makan buah beri juga membantu meningkatkan HDL dan menurunkan kolesterol LDL.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "3 Buah Penurun Kolesterol Tinggi usai Kalap Makan Daging saat Natal"