Hagia Sophia

26 December 2023

Liburan Akhir Tahun Saat COVID-19 Naik? Jangan Lupa Pakai Masker

Ilustrasi pakai masker (Foto: Rifkianto Nugroho)

Bertepatan dengan momen menjelang Natal dan Tahun Baru, kasus COVID-19 di Indonesia kembali meningkat disebut-sebut akibat varian EG.5. Lantas pada gelombang COVID kali ini, amankah jika warga ingin berliburan jalan-jalan, terutama ke tempat ramai?

Melihat situasi kenaikan kasus COVID-19 saat ini, Ketua Perhimpunan Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Dr dr Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP, mengingatkan masyarakat untuk kembali menerapkan protokol kesehatan, sekaligus menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Untuk COVID, kembali ke protokol yang lalu. Jadi jaga kebersihan pasti ya, jaga jarak, pola hidup bersih sehat itu kembali lagi. Masker terutama untuk daerah-daerah yang kerumunan dan lain sebagainya," ujarnya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

"Jaga jarak. Artinya mungkin kita berkumpul banyak-banyak gitu agak diturunkan lagi karena angka COVID meningkat," tutur dr Sally lebih lanjut.

Pakai Masker Lagi!

Melihat banyaknya masyarakat yang kini 'pede' beraktivitas di tempat umum tanpa mengenakan masker, ia mengingatkan, sebaiknya masker kembali digunakan di tengah situasi COVID-19 di Indonesia saat ini. Bukan hanya untuk melindungi diri dari risiko paparan virus Corona, melainkan juga melindungi kelompok rentan seperti orang berusia lanjut dan para pengidap komorbid.

"Ini yang kita sudah berapa bulan lagi enak ya kita tanpa masker. Tapi kalau di tempat-tempat tertutup, berkumpul banyak, saya kira paling baik kita menjaga diri kembali. Apalagi kelompok-kelompok komorbid," tutur dr Sally.

"Kalau dilihat memang (jumlah kasus) akan naik, tapi severity atau beratnya penyakit tidak seperti dulu. Jadi kalau dibilang orang-orang sudah mengatur liburan dan sebagainya, silakan. Tapi hindari kerumunan terlalu ramai, dan pakai masker itu penting sekali," pungkasnya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Liburan Akhir Tahun saat Kasus COVID Naik Lagi, Dokter Ingatkan Pakai Masker"