Hagia Sophia

26 December 2023

Kasus Langka: Wanita Ini Melahirkan Anak 2 Kali dalam 2 Hari

Foto: Instagram/@doubleuhatchlings

Seorang ibu di Alabama, AS, yang memiliki kelainan bawaan langka berupa rahim ganda, baru-baru ini melahirkan anak perempuan kembar.

Wanita bernama Kelsey Hatcher (32) itu menyambut anak perempuannya bernama Roxi Layla pada Selasa (19/12) serta saudara kembar Roxi, Rebel Laken, pada Rabu (20/12) di Rumah Sakit Birmingham Universitas Alabama (UAB)

"Bayi-bayi ajaib kami telah lahir! Mereka memutuskan bahwa bayi-bayi tersebut cukup langka secara statistik sehingga mereka sebaiknya merayakan ulang tahun mereka sendiri juga," tulis Hatcher di Instagram, dikutip dari Reuters.

Adapun bayi pertama dilahirkan secara normal seperti ketiga anak Hatcher sebelumnya. Sementara bayi kedua lahir melalui operasi caesar.

"Saya tidak sabar untuk berbagi keseluruhan kisah kelahiran dengan kalian!," tulis Hatcher di media sosial. "Sementara kami semua di rumah sekarang, kami akan meluangkan waktu (untuk) menjalin ikatan, memulihkan diri, dan menikmati liburan!"

Berita sebelumnya, Hatcher memiliki rahim ganda yang langka dan mengandung bayi di kedua sisinya. Kehamilan langka ini dikenal sebagai kehamilan cavitary yang peluang terjadinya satu dalam sejuta.

Kehamilan Hatcher dianggap berisiko tinggi dan dia diinduksi pada minggu ke-39.

Meskipun kehamilan kembar pada umumnya didefinisikan sebagai dua bayi dalam satu rahim, dokter yang ikut menangani kehamilan tersebut, Richard Davis menyebut kedua anak perempuan yang dilahirkan Hatcher dianggap sebagai kembar fraternal.

"Saya telah merawat Kelsey selama kehamilan ketiganya dan mengetahui bahwa ia memiliki rahim ganda, namun itu hanya satu bayi, dua bayi dalam dua rahim benar-benar merupakan kejutan medis," kata Shweta Patel, dokter kandungan lainnya yang ikut merawat Hatcher, dalam rilis berita rumah sakit.

Tim medis bahkan telah menyiapkan tiga skenario potensial untuk persalinan, yakni kedua bayi dilahirkan secara normal, satu bayi lahir normal dan satu lagi melalui operasi caesar, atau operasi caesar untuk kedua kelahiran.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Langka Wanita dengan Rahim Ganda Lahirkan Anak 2 Kali dalam 2 Hari"