Hagia Sophia

29 December 2023

Liga Inggris: Brighton Menang Atas Tottenham 4-2

Foto: PA Images via Getty Images/Gareth Fuller - PA Images

Enam gol terjadi kala Brighton & Hove Albion menghadapi Tottenham Hotspur. The Seagulls bisa menutup laga dengan kemenangan 4-2.

Brighton vs Tottenham pada laga lanjutan Liga Inggris tersaju di Amex Stadium, Jumat (29/12). Brighton tampil meyakinkan di babak pertama.

Mereka mampu unggul 2-0 saat jeda berkat gol Jack Hinshelwood (menit ke-11) dan penalti Joao Pedro (23'). The Seaguls semakin menjauh selepas jeda.

Pasukan Roberto de Zerbi bikin dua gol tembahan lewat. Pervis Estupinan (64') dan gol penalti kedua Pedro di laga ini pada menit ke-74.

Tottenham berusaha bangkit usai tertinggal empat gol. Mereka hanya bisa membalas dua gol di pengujung laga dari Alejo Veliz (81') dan Ben Davies (85').

Kemenangan ini membawa Brighton ke peringkat ke-8 dengan 30 poin. Sementara, Tottenham tertahan di peringkat kelima dengan 36 poin dengan hasil ini.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah mampu membuka keunggulan di menit ke-11. Joao Pedro menusuk dari dari sisi kiri. Ia mampu melewati sejumlah pemain sebelum memberikan bola ke Jack Hinshelwood di sisi kanan kotak penalti. Sepakan Hinshelwood tak kuasa dibendung Guglielmo Vicario.

Pada menit ke-23, Brighton mendapatkan hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih usai meninjau VAR.

Wasit menilai Dejan Kulusevski melakukan tarikan kepada Danny Welbeck saat situasi kemelut yang bermula dari sepak pojok. Joao Pedro yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

The Seaguls hampir saja menjauh pada menit ke-32. James Milner melepas sepakan melengkung. Tottenham selamat dari kebobolan karena bola masih menerpa tiang.

Facundo Buonanotte sempat mencetak gol untuk Brighton menyambut umpan silang dari sisi kanan. Namun, gol ini dianulir karena Buonanotte lebih dulu offside.

Tottenham yang tertinggal dua gol tampil lebih menyerang menjelang akhir babak pertama. Mereka tapi kerap kali terburu-buru dalam menuntaskan serangan.

Brighton bahkan kembali bisa mencuri peluang berbahaya pada menit ke-45 saat Joao Pedro terbebas sendiri. Vicario tampil gemilang menepis bola mencegah Tottenham kembali kebobolan.

Tottenham baru bisa bikin tembakan ke arah gawang sesaat sebelum jeda dari percobaan Richarlison. Itu pun bola masih bisa ditepis Jason Steele.

Skor 2-0 untuk Brighton menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Brighton semakin menjauh di menit ke-64. Pervis Estupinan mencetak gol indah lewat sepakan jarak jauh yang bersarang ke pojok kiri gawang Spurs.

10 menit berselang, Brighton kembali memdapat hadiah penalti usai Evan Ferguson dilanggar di kotak terlarang. Joao Pedro sekali lagi tanpa cela melepas tembakan dari titik 12 pas. Sepakannya mengecoh Vicario bikin Brighton unggul 4-0 di menit ke-74.

Tottenham masih berusaha bangkit meski sudah tertinggal 4-0. Mereka bisa menipiskan ketinggalan di menit ke-81.

Alejo Veliz mencatatkan namanya di papan skor. Ia dengan baik menuntaskan umpan dari Son Heung-min menjadi gol.

Tottenham bisa mencetak gol kedua mereka di menit ke-85. Ben Davies bisa menanduk umpan silang dari sisi kiri untuk menaklukkan Steele.

Tim tamu berusaha keras untuk kembali mencetak gol. Namun, mereka terbilang terlambat bangkit.

Brighton bisa mempertahankan keunggulan 4-2 hingga laga tuntas.




























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Brighton Vs Tottenham: The Seagulls Menang 4-2"