Hagia Sophia

29 December 2023

Heboh Tentang Tantangan Minum Sirup 2 Botol, Ini Risikonya

Ilustrasi sirup. Foto: Istimewa

Viral video seorang pria diberi tantangan untuk menenggak sirup kental sebanyak dua botol tanpa dilarutkan dengan air. Dalam video tersebut, pria tersebut dijanjikan bakal diberi uang sebanyak Rp 2 juta jika berhasil meminum sirup kental tersebut dalam waktu tiga menit.

Pria tersebut memang berhasil menenggak sirup dalam waktu kurang dari tiga menit. Namun menyusul itu, video tersebut menuai sorotan dan kritik netizen yang khawatir perihal risiko penyakit diabetes dari tantangan serupa.

Sebelum menenggak sirup, pria tersebut sempat ditanya lebih dulu apakah ia mengidap penyakit diabetes. Setelah mengaku tak ada riwayat penyakit, barulah ia menjalani tantangan tersebut.

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus chairman dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir atau yang akrab disapa dr Koko menyebut, penting untuk memastikan lebih dulu kadar gula yang dikandung dalam sebotol sirup tersebut. Namun yang dikhawatirkannya, kandungan gula yang amat banyak dalam sebotol sirup bisa memicu gangguan kesehatan dalam jangka waktu singkat, yakni hiperglikemia.

"Bisa terjadi akut hiperglikemia. Pada orang diabetes sangat berbahaya, pada orang prediabetes juga sama. Prediabetes itu yang gula darahnya melonjak. apalagi ini bukan gula darah makan, memang minum air gula dua botol," terangnya saat dihubungi detikcom, Kamis (28/11/2023).

"Ini sangat membahayakan. Bisa bikin orangnya hilang kesadaran, merusak organ-organ internalnya, organ dalamnya. Apalagi kalau orang itu tidak tahu bahwa dirinya mungkin ada gangguan metabolisme gula diabetes atau prediabetes," pungkas dr Koko.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Tantangan Minum Sirup 2 Botol, Dokter Sentil Sebahaya Ini Risikonya"