Hagia Sophia

17 February 2024

Kisah Alice Norin yang Terkena Kanker Sarkoma, Awalnya Perut Terasa Nyeri

Alice Norin membagikan kondisi kesehatannya yang terkena kanker sarkoma (Foto: Palevi S/detikFoto)

Alice Norin baru-baru ini membagikan kondisi kesehatannya melalui video yang diunggah di sosial media Instagram. Dalam video tersebut, Alice bercerita bahwa dirinya didiagnosis kanker sarkoma atau kanker langka yang berkembang di otot rahim.

Kondisi tersebut berawal saat dirinya sering mengalami sakit bagian perut di bagian bawah dari Agustus 2023. Setelah dicek, dokter mengungkap bahwa Alice memiliki miom atau benjolan yang tumbuh di dinding rahim bagian dalam atau luar.

"Aku divonis kanker sarkoma yaitu kanker langka yang berkembang di otot rahim. Nggak ini nggak lagi bercanda, dan aku juga lagi nggak nyari perhatian. Buat apa penyakit dibercandain kan, walau awal dengar aku juga berpikir begitu," imbuh Alice, seperti dilihat detikcom, Jumat (16/2/2024).

"Kalau ada sebagian ngeh, dari akhir Desember sampai pertengahan Februari kemarin aku sempat on off lumayan lama, sebenarnya karena aku bolak balik ke dokter untuk ngecek semuanya." lanjutnya lagi.

Alice mengaku nyeri yang dialami awalnya tak terlalu mengganggu, sehingga dokter memutuskan untuk tidak dioperasi.

Namun pada Desember 2023, nyeri yang dirasakan Alice semakin memburuk hingga ia memutuskan pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

"Pas dicek dokter A, beliau diam lama sampai akhirnya dia nanya, 'Bu Alice maaf, ada riwayat cancer?' Itu aku sama suami diam lama. Aku sampai nggak tahu mesti ngomong apa akhirnya aku bilang pelan-pelan, 'Ia almarhum mama aku meninggal karena cancer, kenapa emangnya dok?'" ucapnya.

Menurut hasil pemeriksaan, miom yang diidap Alice berukuran 6 cm dan di sekitarnya terdapat pembuluh darah yang mengindikasikan suatu keganasan. Pada saat itu, Alice masih tak percaya dengan hasil diagnosis tersebut.

Walhasil dokter pun menyuruhnya untuk mencari second opinion ke dokter fetomaternal di rumah sakit yang sama.

"Begitu waktunya masuk ke ruangan dokter Fetomaternal, itu semakin deg-degan dan takut banget sama hasil yang keluar. Dan benar hasilnya pun dikhawatirkan dokter A. Banyaknya pembuluh darah di dekat Miom menandakan keganasan," tuturnya.

"Aduh itu malamnya susah banget tidur, kepikiran campur syok dan tibalah hari berikutnya tanggal 13 Desember 2023, aku dan suami langsung cepat-cepat ke rumah sakit udah nggak mikir udah pengen langsung ketemu sama dokternya lagi," tuturnya.

Setelah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, dokter mendiagnosis Alice terkena kanker sarkoma. Dirinya pun harus menjalani operasi besar dengan cara midline laparotomy sebagai upaya penanganan kanker yang diidapnya.

"Karena setelah miom dibiopsi, jika ganas semua organ reproduksi dan dua kelenjar belakang itu harus dikeluarkan untuk stop adanya kemungkinan cancer-nya menyebar, artinya aku akan menopause dini dan sudah pasti tidak bisa punya anak lagi," ucapnya.

"Kita akhirnya menjadwalkan operasi besar di Sabtu 16 Desember, berarti kan tinggal tiga hari lagi ya, aku sama suami tuh udah kayak nggak dikasih waktu buat cerna, ini beneran?" tutupnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Curhat Alice Norin Kena Kanker Sarkoma, Awalnya Nyeri di Perut Bagian Bawah"