Hagia Sophia

17 February 2024

Jadi Sorotan, Penonton Liga Arab Saudi Makin Sedikit

Liga Arab Saudi sepi penonton. (Foto: dok. Saudi Pro League)

Jumlah penonton yang makin sedikit di Liga Arab Saudi kembali jadi sorotan. Laga Abha vs Al Taawoun hanya terisi 2 persen dari kapasitas stadion!

Putaran kedua Saudi Pro League 2023/2024 dimulai pada Kamis (15/2/2024). Duel Abha kontra Al Taawoun di Prince Sultan bin Abdul Aziz Stadium jadi sajian pembukanya.

Ini merupakan pertandingan pertama Liga Arab Saudi setelah vakum hampir dua bulan. Alih-alih mendapat antusiasme tinggi penggemar, laga Abha vs Al Taawoun justru sepi peminat.

Melansir Daily Star, hanya 505 penonton yang hadir menyaksikan pertandingan di Prince Sultan bin Abdul Aziz Stadium. Jumlah itu hanya berkisar 2 persen dari kapasitas stadion yang mencapai 25 ribu.

Pertandingan Abha vs Al Taawoun berakhir dengan skor imbang 1-1. Kedua gol tercipta di injury time babak kedua.

Ini bukan kali pertama pertandingan Liga Arab Saudi sepi penonton. Pada putaran pertama liga, duel Al Riyadh vs Al Hazm hanya ditonton 264 penggemar dari kapasitas Prince Faisal bin Fahd Stadium yang menampung 22 ribu kursi.


Sepinya penonton juga dirasakan Al Ettifaq, klub yang saat ini dilatih Steven Gerrard. The Commandos cuma bisa menarik 700 fans saat menghadapi Abha di awal musim.

Penonton terbesar di Liga Arab Saudi saat ini masih dikuasai empat tim besar, yakni Al Ahli, Al Ittihad, Al Hilal, dan Al Nassr yang dibela Cristiano Ronaldo. Mereka memiliki rata-rata kehadiran fans mencapai puluhan ribu tiap pertandingan.

Secara keseluruhan, rata-rata penonton Liga Arab Saudi sejauh ini adalah 8.275. Jumlah yang jelas masih sedikit untuk liga yang sudah banyak menghadirkan bintang-bintang kelas dunia.


























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Duh, Laga Saudi Pro League Lagi-lagi Sepi Penonton!"