Hagia Sophia

10 February 2024

Meski Jalani Perawatan, Raja Charles III Dalam Kondisi Baik

Rutinitas olahraga Raja Charles III yang disebut membuat kondisinya sangat baik mesti mengidap kanker. (Foto: (REUTERS/Hollie Adams))

Raja Charles III kini tengah berjuang melawan penyakit kanker yang masih belum dijelaskan secara spesifik. Meski tengah menjalani perawatan, Raja Charles disebutkan dalam kondisi yang sangat baik.

Dikutip dari New York Post, ia disebut rutin melakukan latihan olahraga harian yang intens yang dapat membantunya pulih dari pengobatan lebih cepat. Raja Charles diketahui menyukai rutinitas 5BX, yakni latihan militer 11 menit yang dikembangkan untuk Royal Canadian Air Force pada akhir 1950-an.

Rutinitas ini merupakan gagasan dari Bill Orban, seorang akademisi yang merancang program untuk membantu personel militer mempertahankan tingkat kebugaran optimal dalam waktu minimal.

Dalam beberapa dekade sejak didirikan, 5BX telah dicintai oleh banyak orang di luar militer, termasuk ayah Charles, Pangeran Philip, yang rutin melakukan rutinitas tersebut dan hidup hingga usia 99 tahun.

Charles yang saat itu bertugas di Royal Air Force dan Royal Navy, disebut memulai dan mengakhiri latihan 5BX setiap hari dengan lima latihan yang berbeda.

Empat gerakan merupakan senam yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan. Sementara gerakan kelima dimaksudkan untuk meningkatkan kebugaran aerobik.

1. Peregangan
Latihan pertama adalah peregangan lipatan ke depan. Pada tahap ini, seseorang akan membungkuk dan menyentuh jari-jari kakinya. Kemudian orang itu akan kembali berdiri tegap sambil mengulurkan tangan ke arah langit-langit.

Sebagai bagian dari 5BX, latihan ini harus diulangi selama dua menit. Ini harus dilakukan secara perlahan untuk mengendurkan tubuh.

2. Sit Up
Latihan rutin kedua adalah sit up yang dilakukan selama 60 detik.

3. Ekstensi Punggung
Latihan ketiga adalah ekstensi punggung. Pada tahap ini, seseorang harus berbaring tengkurap dan mengangkat lengan dan kakinya dari lantai sebelum menurunkannya kembali, ulangi selama 60 detik.

4. Push-up
Latihan keempat dari 5BX ini adalah push-up. Seseorang akan melakukannya selama satu menit tanpa henti.

5. Lari
Latihan terakhir adalah dengan lari selama enam menit. Ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas aerobik.

Jika latihan 11 menit ini terdengar terlalu panjang, jangan khawatir. Rutinitas ini dirancang untuk orang-orang dengan semua kemampuan. 5BX memiliki enam bagan berbeda, yang masing-masing menampilkan modifikasi latihan.

Pada tahap satu, misalnya, dirancang untuk pemula dan menawarkan sit up dan push-up mini serta peregangan yang tidak terlalu intens. Tahap keenam diperuntukkan bagi atlet super fit dengan kekuatan dan ketangkasan optimal, dengan latihan yang disesuaikan agar lebih bertenaga.

Tidak jelas tahap mana yang dianut oleh Raja Charles.

Selain berolahraga setiap hari, raja dilaporkan sering menunggang kuda, hiking, dan mendayung, yang juga membuatnya tetap dalam kondisi prima. Ia juga menjaga pola makan sehat dan tidak banyak mengonsumsi alkohol.

"Raja telah menjalani kehidupan yang sehat dan aktif yang akan membuatnya siap menghadapi perjuangan melawan kanker," kata salah satu orang dalam kepada Mirror, terdengar optimis tentang kemungkinan kesembuhan total bagi sang raja.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kondisi Raja Charles Disebut Sangat Baik Meski Idap Kanker, Efek Rutinitas Ini?"