Hagia Sophia

10 February 2024

Khasiat Lidah Buaya untuk Cegah Gula Darah Tinggi

Foto: Getty Images/iStockphoto/trumzz

Lidah buaya menjadi tanaman yang populer dipakai untuk pengobatan atau perawatan secara alami. Sejumlah riset juga mengaitkan khasiatnya dengan mencegah kadar gula darah tinggi.

Penelitian menunjukkan jus dari tanaman lidah buaya yang tahan kekeringan dapat membantu pengidap diabetes mengontrol kadar gula darahnya.

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan, juga menyembuhkan luka bakar akibat sinar matahari dan luka lainnya.

Apa Saja Sih Kandungan Lidah Buaya?

Faktanya, lidah buaya mengandung 75 komponen aktif, antara lain:
  • vitamin
  • mineral
  • enzim
  • asam amino
Pada 2016, tim peneliti meninjau sejumlah penelitian yang menganalisi penggunaan lidah buaya pada pengidap diabetes dan pradiabetes. Beberapa dari penelitian tersebut mengamati dampak lidah buaya terhadap faktor-faktor penting yang mempengaruhi kesehatan pengidap diabetes.

Dikutip dari Healthline, hasilnya menunjukkan lidah buaya dapat membantu menurunkan glukosa darah, hemoglobin A1c (HbA1c), selama 3 bulan.

Laporan sejauh ini memperlihatkan lidah buaya tampaknya memiliki dampak positif pada pengendalian glikemik.

Riset melaporkan jus atau suplemen lidah buaya memiliki sejumlah manfaat bagi penderita diabetes.

Sebuah studi di 2015 melihat bahwa mengonsumsi gel lidah buaya dapat membantu orang mencapai kadar glukosa darah yang lebih baik, serta mengurangi lemak dan berat badan.

Mengonsumsi lidah buaya juga minim efek samping. Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics menulis kebanyakan orang yang terlibat dalam riset, tidak mengalami efek samping yang merugikan.

Tinjauan penelitian lain menemukan hasil riset mengenai hal ini saat ini beragam. Sebuah uji klinis yang melibatkan tikus laboratorium menemukan lidah buaya membantu hewan tersebut menurunkan kadar HbA1c mereka, yang juga bisa menjadi pertanda baik bagi pengidap diabetes. Namun, uji klinis sebelumnya yang melibatkan manusia tidak mencapai hasil yang sama. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah dan bagaimana lidah buaya dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kadar HbA1c.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Khasiat Lidah Buaya untuk Pengidap Diabetes, Bisa Cegah Gula Darah Tinggi"