Hagia Sophia

28 February 2024

Terkait Makan Siang Gratis, Ini Kata Menko PMK

Menko PMK Muhadjir Effendy. (Foto: DetikHealth/Averus Al Kautsar)

Menko PMK Muhadjir Effendy buka suara terkait program makan gratis yang sebelumnya digagas oleh Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Anggaran program makan gratis nantinya direncanakan sebanyak Rp 15 ribu per anak.

Muhadjir mengaku yakin bahwa jumlah anggaran makanan gratis untuk anak tersebut nantinya dapat direalisasikan dengan baik. Terlebih ia menuturkan selama ini pemerintah sudah memiliki pengalaman dalam program makanan tambahan (PMT) untuk ibu hamil.

"Oh, itu soal teknis nanti itu gampang itu. Kalau sudah ada desain teknokratiknya nanti itu bisa dilakukan. Kita sudah punya pengalaman kok," ucap Muhadjir ketika ditemui awak media di Kantor Kemenko PMK, Selasa (27/2/2024).

"Kan selama ini kita sudah menangani program makanan tambahan untuk ibu hamil, program makanan tambahan untuk bawah 2 tahun," sambungnya.

Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan, program yang ada sebelumnya bisa dilaksanakan dengan kerjasama berbagai pihak. Mulai dari bidan desa, penggerak BKK di desa, hingga puskesmas.

Walaupun menurutnya memang ada kendala-kendala yang harus dilalui, pembenahan tetap terus dilakukan. Menurutnya masyarakat tidak perlu takut dengan terobosan-terobosan yang ada nantinya, khususnya seperti program makan siang gratis.

"Tapi terus kita benahi dan kita jangan ragu, jangan takut melakukan terobosan. Dan setiap terobosan pasti harus ada kendala dan kendala harus kita atasi. Kalau ada masalah kita selesaikan, kalau masih ada yang kurang bagus kita perbaiki, terus gitu," tandasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Soal Jatah Makan Siang Gratis Rp 15 Ribu, Menko PMK Bilang Gini"