Hagia Sophia

28 February 2024

Tetap Makan Nasi, Pria Ini Sukses Turunkan BB Hingga 50 Kg

Foto: Tangkapan layar viral atas izin yang bersangkutan

Viral pria asal Bekasi sukses memangkas bobot tubuhnya hingga 50 kg dari semula berat badan di kisaran 140 kg. Leslie Perdana Sihombing yang kini tinggal di Bantul, Yogyakarta, itu sempat berada di level obesitas saat pola makannya terus memburuk.

Tidak seperti kebanyakan orang yang memutuskan diet saat dilanda putus cinta, apa yang terjadi pada Leslie justru adalah kebalikannya.

"Patah hati justru malah bikin pola makan nggak beraturan, mulai minum-minum alkohol, bahkan sampai ada momen nggak bisa tidur kalau belum minum alkohol, terus sampai akhirnya setelah dari putus sampai satu tahun itu berat naik sampai 10 hingga 15 kg," ceritanya saat dihubungi detikcom Selasa (27/2/2024).

Menyadari ada yang tidak beres dengan tubuhnya, Leslie mulai memutuskan konsisten diet di Februari 2023.

"Itu titik baliknya karena itu banyak mengalami sakit, asam lambung, sakit lutut, kemudian gampang ngantuk, asam urat dan mungkin kalau dicek banyak penyakit-penyakit lainnya."

Bukan hal mudah bagi Leslie untuk mengubah kebiasaan. Bahkan, di hari-hari sebelumnya dirinya terbiasa makan dengan porsi berlebih, hingga empat kali dalam sehari.

"Tantangan terbesar selama diet, semuanya berat karena mengubah kebiasaan 180 derajat, paling berat setop ngemil, dari biasanya pagi makan nasi uduk, siang nasi padang, malam ngemil, makan nasi goreng, untuk setop nasi goreng saja dulu susah di awal," beber pria 25 tahun tersebut.

Jangankan persoalan diet, untuk membiasakan olahraga saja bagi Leslie termasuk tantangan besar. Pada fase awal memulai rutinitas olahraga dengan jalan kaki misalnya, Leslie nyaris kesulitan berjalan di dua hari setelahnya karena bagian kakinya terasa nyeri.

"Padahal cuma jalan kaki doang," beber dia.

Kunci dari diet menurutnya berpatokan pada dua hal. Pertama, menemukan alasan yang tepat untuk diet. Hal ini bisa membantu seseorang kembali 'on-track' pada proses dietnya dan lebih konsisten jika memiliki alasan yang kuat.

"Entah itu untuk hidup lebih sehat, misalnya mau cari pacar, keterima kerja, atau apalah gitu, untuk yang kedua itu adalah disiplin, seberat apapun kalau sudah disiplin komitmen sama apa yang dimulai itu akan lebih mudah untuk on-tracknya," sambungnya.

Diet yang dijalani Leslie adalah one meal a day. Artinya memberikan batas waktu jendela makan di kisaran empat sampai enam jam. Di luar jam tersebut dirinya hanya mengonsumsi buah-buahan.

Leslie memilih tidak sampai menghindari nasi putih. Asupan karbohidrat dari nasi membuatnya merasa kenyang lebih lama, ketimbang sumber karbohidrat lain.

"Pertama, membatasi tepung-tepungan. Kedua, makanan yang digoreng pasti kalorinya lebih tinggi, olahan pangan gue lebih milih direbus atau dipanggang.

"Kalaupun digoreng pakai minyak hewani dan kelapa, sama sekarang menghindari banget yang manis-manis," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Perjalanan Diet Pria Bekasi, Sukses Turun 50 Kg Tanpa Pantang Nasi"