Hagia Sophia

28 February 2024

Beberapa Buah Ini Miliki Rendah Gula, Cocok untuk Pengidap Diabetes

Ilustrasi buah rendah gula untuk diabetes. (Foto: Getty Images/iStockphoto/fcafotodigital)

Buah-buahan memang mengandung beragam nutrisi yang penting untuk mendukung tubuh. Namun bagi pengidap diabetes, ada beberapa jenis buah rendah gula yang lebih dianjurkan untuk dikonsumsi dibanding yang lain.

Umumnya, buah-buahan memiliki rasa yang manis. Rasa manis itu berasal dari kandungan gula alami yang disebut dengan fruktosa. Beberapa jenis buah-buahan, seperti mangga dan pisang yang terlalu matang, memiliki fruktosa yang cukup tinggi sehingga konsumsinya perlu dibatasi oleh pengidap diabetes.

Di sisi lain, ada juga buah-buahan dengan kadar fruktosa yang rendah dan lebih aman dikonsumsi orang yang mengidap diabetes. Apa saja jenisnya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut buah rendah gula yang cocok dimakan oleh pengidap diabetes.

1. Stroberi
Meski memiliki rasa yang cukup manis, stroberi ternyata termasuk buah rendah gula. Satu cangkir stroberi mengandung sekitar 7 gram gula saja.

Karena itu, buah ini cocok dijadikan kudapan oleh pengidap diabetes. Terlebih, stroberi memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh.

2. Raspberry
Contoh buah rendah gula lainnya adalah raspberry. Satu cangkir raspberry mengandung sekitar 5 gram gula, atau setara dengan satu sendok teh. Alhasil, buah ini cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes, atau orang yang sedang memerhatikan kadar gula darahnya.

Tak hanya itu, raspberi juga kaya akan antioksidan yang dapat mengatasi peradangan dalam tubuh, serta serat yang mendukung sistem pencernaan.

3. Blackberry
Masih dari keluarga beri, buah rendah gula lain yang disarankan untuk pengidap diabetes adalah blackberry. Satu cangkir blackberry hanya mengandung 7 gram gula. Sama seperti buah beri lain, blackberry juga kaya akan antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan.

4. Alpukat
Percaya atau tidak, alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan gula sangat rendah. Faktanya, satu buah alpukat hanya mengandung sekitar 1 gram gula saja.

Alpukat juga mengandung lemak sehat yang dapat mengenyangkan perut. Jadi selain cocok bagi pengidap diabetes, buah ini juga bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang ingin menurunkan berat badan.

5. Jeruk
Buah rendah gula lain yang cocok dimakan pengidap diabetes adalah jeruk. Satu buah jeruk dapat mengandung sekitar 14 gram gula. Tak hanya itu, jeruk juga kaya akan vitamin C dan rendah kalori.

6. Persik
Persik merupakan salah satu buah dengan rasa yang sangat manis. Meski begitu, satu buah persih ternyata hanya mengandung sekitar 13 gram gula saja loh. Jadi buat pengidap diabetes yang masih doyan camilan manis, persik bisa jadi salah satu opsinya.

7. Kiwi
Meski ukurannya tidak seberapa, kiwi mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Satu buah kiwi mengandung sekitar 2,3 gram serat, serta vitamin C yang dapat mencukupi hingga 62 persen kebutuhan vitamin C harian.

Bagaimana dengan kadar gulanya? Satu buah kiwi hanya mengandung sekitar 7 gram gula saja. Selain itu, kiwi juga rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi orang yang sedang diet menurunkan berat badan.

8. Aprikot
Aprikot adalah buah yang cocok dijadikan camilan bagi pengidap diabetes. Pasalnya, dua buah aprikot hanya mengandung sekitar 6 gram gula saja. Tak hanya itu, aprikot juga kaya akan serat dan rendah kalori.

9. Lemon
Tidak heran jika buah asam ini memiliki kandungan gula yang rendah. Satu buah lemon hanya mengandung sekitar 2,1 gram gula saja, sehingga aman dikonsumsi pengidap diabetes.

Jika detikers tidak tahan dengan rasa asam dari lemon, cobalah untuk memasukkan irisan atau perasan lemon ke dalam segelas air untuk diminum.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "9 Buah Rendah Gula, Cocok Dikonsumsi Pengidap Diabetes"