Hagia Sophia

15 March 2024

Berbagai Fakta Tentang Timun Suri Menurut Pakar Pencernaan

Benarkah timun suri bisa meredakan asam lambung? (Foto: Grandyos Zafna)

Salah satu makanan khas yang selalu muncul di bulan Ramadan adalah blewah dan timun suri. Selain rasanya segar sebagai campuran es buah, dipercaya timun suri dan blewah bisa meredakan asam lambung.

Benarkah khasiatnya semanjur itu? Sayangnya, dr Amanda Pitarini,SpPD-KGEH, pakar kesehatan pencernaan dari RS Abdi Waluyo, menyebut belum ada bukti ilmiah yang mendukung anggapan tersebut.

"Dari yang saya pernah baca, untuk asam lambung belum ada (penelitiannya)," katanya dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (14/3/2024).

Meski demikian, blewah dan timun suri tetap menjadi pilihan yang baik untuk berbuka puasa. Menurut dr Amanda, keduanya bagus untuk mengembalikan hidrasi dan keseimbangan cairan tubuh.

"Kalau untuk hidrasi, memang bagus," jelasnya.

Masih menurut dr Amanda, berkurangnya asupan cairan saat puasa merupakan salah satu penyebab kasus sembelit atau susah BAB (buang air besar) meningkat di bulan Ramadan. Menjaga kecukupan air dan serat bisa membantu menurunkan risiko sembelit.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Timun Suri Bisa Redakan Asam Lambung? Ini Faktanya Menurut Dokter Pencernaan"