Hagia Sophia

15 March 2024

Benarkah Timun Suri Bisa Cegah Dehidrasi? Ini Kata Pakar Kesehatan

Pedagang timun suri (Foto: Grandyos Zafna)

Timun suri menjadi salah satu buah yang dikenal dengan keyakinan bisa menjadi pengganti cairan atau elektrolit yang hilang selama berpuasa seharian. Demi mencegah dehidrasi, banyak orang yang langsung memilih berbuka dengan timun suri untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Namun, dokter spesialis penyakit dalam dr Mario Budi Purwanegara T, Sp.PD KGEH menekankan sejauh ini anggapan tersebut belum berlandaskan bukti ilmiah. Artinya, sampai saat ini tidak ada kajian riset yang mendukung kecukupan cairan yang hilang selama berpuasa bisa langsung terpenuhi dengan mengonsumsi timun suri.

"Kalau kita sebagai seorang ilmiah kalau belum ada bahasan penelitian, kita masih bilang ragu-ragu. Tetapi kalau sudah ada penelitian, ya kita baru bilang itu bisa membantu, tetapi kalau belum ada selama ini penelitian, itu katanya saja, awamnya saja, kita tetap berpijak ke arah ilmiah," terang dia saat ditemui detikcom di Alia Hospital Depok, Jawa Barat, Rabu (13/3/2024).

dr Mario menekankan setiap klaim harus diawali dengan riset sejumlah sampel yang dilakukan pada sejumlah populasi. Hasil dari riset yang nantinya meyakinkan para tenaga medis untuk mendukung manfaat tersebut, agar bisa dikonsumsi dengan aman oleh masyarakat.

Meski begitu, dr Mario tidak menampik adanya kemungkinan sugesti yang didapat saat seseorang meyakini konsumsi timun suri. Artinya, seseorang hanya benar-benar merasakan efek plasebo dari kandungan tersebut.

"Itulah saya bilang kita harus tahu dulu kandungannya apa di dalam timun suri, kalau dia puasa dia kan dehidrasi, kalau misalnya disebutkan untuk membantu itu aku rasa perlu penelitian lebih lanjut, pastinya ilmiah, bukan bicara katanya," tandas dia.

"Kalau itu, saya saran mungkin bagus ada penelitian-penelitian lagi seperti dulu katanya buah jambu merah bisa meningkatkan trombosit, kan bertanya orang, ternyata betul ada peningkatan walaupun tidak ada perbedaan signifikan. Jadi ini masih sugesti saja perlu penelitian lebih lanjut," pungkasnya.


























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Dokter Bicara Efek Timun Suri untuk Buka Puasa, Bisa Cegah Dehidrasi?"