Hagia Sophia

11 January 2023

Imbas KDRT, Rusuk Venna Melinda Diduga Patah

Venna Melinda laporkan Ferry Irawan atas kasus KDRT. (Foto: Instagram/@vennamelindareal)

Venna Melinda melaporkan Ferry Irawan atas kasus dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Saat ini Venna Melinda disebut tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Venna Melinda juga dikabarkan mengalami patah tulang rusuk akibat dugaan KDRT tersebut.

"Dia rupanya sekarang dirawat di rumah sakit Surabaya. Dia bilang selain hidungnya yang ngocor darah. Ternyata rusuknya ada kemungkinan besar ada yang patah. Jadi dia minta banget agar saya mau jadi pengacaranya," ujar Hotman Paris yang diminta menjadi kuasa hukum Venna Melinda.

Patah tulang rusuk seperti yang dialami Venna Melinda terjadi ketika salah satu tulang di tulang rusuk Anda patah atau retak. Penyebab paling umum adalah trauma dada, seperti jatuh, kecelakaan kendaraan bermotor, atau benturan saat olahraga.

Dikutip dari Mayo Clinic, meski umumnya patah tulang rusuk tak berisiko, tulang patah yang bergerigi dapat merusak pembuluh darah utama atau organ dalam, seperti paru-paru. Pada kebanyakan kasus, patah tulang rusuk biasanya sembuh dalam satu atau dua bulan.

Tulang rusuk yang patah terasa sakit di setiap tarikan napas. Jika rusak parah, rusuk yang patah dapat merusak organ dalam secara serius.

Tulang rusuk yang patah bisa memiliki tepi bergerigi yang menjorok ke dalam rongga dada. Ada kemungkinan hal itu dapat membahayakan salah satu organ, misalnya:
  • Jika mematahkan tulang rusuk ke bagian atas tulang rusuk, ujung tulang yang tajam dapat merobek atau menusuk pembuluh darah yang penting.
  • Jika mematahkan tulang rusuk di tengah tulang rusuk, ujung tulang yang tajam bisa menusuk paru-paru.
  • Jika mematahkan tulang rusuk ke bagian bawah, ujung tulang yang tajam dapat menyebabkan kerusakan pada hati, ginjal, atau limpa.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Rusuk Venna Melinda Diduga Patah Imbas KDRT, Begini Bahayanya"