Hagia Sophia

23 January 2023

Liga Inggris: Manchester City Unggul Atas Wolverhampton Wanderers 3-0

Erling Haaland hat-trick, Man City kalahkan Wolverhampton 3-0 (AFP via Getty Images/PAUL ELLIS)

Erling Haaland tampil garang di laga Manchester City vs Wolverhampton Wanderers. Dia bikin hat-trick untuk membawa Citizens menang 3-0.

Satu gol dibuat Haaland di babak pertama, sementara sisa dua gol diborong di babak kedua. Haaland makin kukuh di puncak daftar top scorer Liga Inggris dengan 24 gol dari 20 laga!

Tambahan tiga poin membuat Man City tetap di posisi kedua klasemen Liga Inggris dengan 45 poin, selisih dua angka dari Arsenal di puncak yang beberapa saat lagi bertemu Manchester United.

Wolverhampton makin dekat dengan zona degradasi setelah berada di posisi ke-17 dengan 17 poin, cuma unggul selisih gol dari Bournemouth di posisi ke-18.

Jalannya pertandingan

Pada pertandingan di Etihad Stadium, Minggu (22/1/2023) malam WIB, City yang bermain agresif sejak menit awal kesulitan untuk membongkar pertahanan Wolves.

Tim tamu bermain rapat dan tak ragu untuk melancarkan tekel-tekel demi menghentikan laju serangan tuan rumah. Belum 20 menit laga berjalan, Wolves sudah mendapat tiga kartu kuning, dua untuk pemain dan satu untuk manajer Julen Lopetegui.

City baru bisa melepaskan shot on target pertamanya pada menit ke-18 dari Haaland, tapi bola tembakannya bisa diamankan oleh Jose Sa.

Jose Sa harus jatuh bangun mengamankan gawangnya dari serangan bertubi-tubi City sepanjang babak pertama. Gawang dia akhirnya jebol juga lima menit jelang turun minum.

Gol pertama Man City dibuat Erling Haaland (Foto: PA Images via Getty Images/Martin Rickett - PA Images)

Adalah Haaland yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menanduk bola crossing Kevin De Bruyne dari sisi kanan, dan melesak mulus ke pojok atas.

Gawang Wolves nyaris bobol lagi di masa injury time andaikan Nathan Collins tidak menyundul bola sepakan Grealish di garis gawang. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Man City langsung menyerang usai jeda dan mendapat hadiah penalti pada menit ke-50 usai Ilkay Guendogan dijatuhkan Ruben Neves. Haaland membuat gol keduanya di laga ini usai mengecoh Jose Sa untuk mengubah skor jadi 2-0.

Penalti Erling Haaland membuat skor jadi 2-0 untuk City (Foto: PA Images via Getty Images/Martin Rickett - PA Images)

Tak sampai lima menit kemudian, City memperbesar keunggulan jadi 3-0 lewat hat-trick Haaland! Diawal kesalahan Jose Sa dalam mengoper bola yang malah mengarah ke Mahrez di depan kotak penalti.

Mahrez memberikannya kepada Haaland yang mudah saja menceploskan bola ke gawang kosong.

Hat-trick Erling Haaland! (Foto: Getty Images/Chris Brunskill/Fantasista)

City sempat mencetak gol keempat pada menit ke-66 lewat Mahrez yang mencungkil bola dalam duel satu lawan satu dengan Jose Sa. Tapi, bola itu dianulir VAR karena Mahrez offside.

Wolves memperoleh kesempatan bikin gol lewat Daniel Podence yang berlari menerima umpan terobosan Maximilian Kilman, meski bola tembakannya bisa diamankan Ederson.

Meski unggul tiga gol, City tetap intens menekan Wolves untuk mencari gol tambahan. Guendogan hampir bikin gol di menit ke-80 saat menanduk bola umpan Bernardo Silva di tiang jauh, tapi melayang di atas.

Podence punya kans lagi untuk membahayakan gawang City lewat aksi individu pada menit ke-83, meski tembakannya masih melebar.

Skor 1-0 menutup laga Man City vs Wolves.

Susunan pemain

Man City: Ederson; Rico Lewis (Nathan Ake 45'), John Stones, Manuel Akanji, Aymeric Laporte; Rodrigo (Kalvin Phillips 77'), Ilkay Guendogan; Riyad Mahrez (Cole Palmer 81'), Kevin De Bruyne (Bernardo Silva 77'), Jack Grealish; Erling Haaland (Julian Alvarez 60').

Wolverhampton: Jose Sa; Nelson Semedo, Nathan Collins, Maximilian Kilman, Hugo Bueno (Ait Nouri 83'); Matheus Nunes, Ruben Neves, Mario Lemina; Hwang Hee-Chan (Joao Moutinho 45'), Raul Jimenez (Matheus Cunha 45'), Adama Traore (Pablo Sarabia 45').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Man City Vs Wolves: Hat-trick Haaland Bawa Citizens Menang 3-0"