Hagia Sophia

23 January 2023

Liga Jerman: Dortmund Tumbangkan Augsburg 4-3

Dortmund mengalahkan Augsburg 4-3. Foto: Getty Images/Lars Baron

Hujan gol terjadi di Signal Iduna Park dalam duel pekan ke-16 Liga Jerman antara Borussia Dortmund vs Augsburg. Tuan rumah berhasil menang 4-3 lewat drama kejar-kejaran gol yang mendebarkan.

Pada Minggu (22/1/2023), Dortmund membuka keunggulan di menit ke-29. Jude Bellingham yang menerima umpan Karim Adeyemi di depan kotak penalti melepaskan tembakan jarak jauh ke sudut kanan gawang yang gagal dihalau Gikiewicz.

Namun keunggulan itu berhasil dibalas Augsburg pada menit ke-40. Arne Maier menerobos masuk ke kotak penalti usai menerima through pass Dion Beljo. Meski dihalau dua bek Dortmund, sepakan mendatarnya sukses menjebol gawang Gregor Kobel.

Hanya dalam hitungan dua menit, Dortmund kembali memimpin 2-1. Eksekusi tendangan bebas dari Julian Brandt sukses disambar Nico Schlotterbeck dengan sundulan yang bersarang di sudut kanan gawang Augsburg.

Namun Augsburg kembali menyamakan skor di injury time babak pertama. Ermedin Demirovic mengalahkan Mats Hummels dalam adu lari kemudian melepaskan sepakan chip yang melewati Kobel. Julian Ryerson coba menyapu bola, namun akhirnya tetap masuk gawang.

Pada babak kedua, Dortmund mencetak gol ketiga pada menit ke-75. Pemain pengganti Jamie Bynoe-Gittens bergerak dari sayap ke area tengah, melewati Robert Gumny, kemudian melepaskan sepakan jarak jauh yang bersarang telak di sudut kanan gawang Augsburg.

Namun Augsburg yang tak kenal menyerah untuk ketiga kalinya berhasil menyamakan kedudukan. Menit ke-76, sepakan kaki kiri Kelvin Yeboah masih membentur tiang gawang, namun David Colina sukses menyambar bola liar dan menjebol gawang Dortmund.

Drama belum selesai di situ. Dortmund kembali unggul untuk keempat kalinya dua menit berselang. Tembakan voli Gio Reyna usai menerima umpan Bellingham meluncur deras masuk ke sudut kiri gawang Gikiewicz. 4-3 untuk tuan rumah dan bertahan hingga usai.

Tambahan tiga poin membuat Dortmund naik ke urutan enam klasemen sementara Bundesliga musim ini dengan 28 poin, sedangkan Augsburg ada di peringkat ke-15 dengan 15 poin.

Susunan pemain

Borussia Dortmund: Kobel, Ryerson, Schlotterbeck, Hummels, Guerreiro, Bellingham, Ozcan, Adeyemi (Reyna 70'), Brandt (Suele 90+1'), Malen (Bynoe-Gittens 70'), Moukoko (Haller 62').

Augsburg: Gikiewicz, Pedersen, Gouweleeuw, Uduokhai, Gumny, Vargas (Cardona 12' (Jensen 65')), Maier (Baumgartlinger 76'), Rexhbecaj (Colina 76'), Engels, Demirovic, Beljo (Yeboah 76').























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Hasil Liga Jerman: Sengit! Dortmund Tumbangkan Augsburg 4-3"