Hagia Sophia

23 January 2023

Liga Spanyol: Barcelona Menang Tipis atas Getafe 1-0

Barcelona mengalahkan Getafe 1-0 di lanjutan Liga Spanyol. (Foto: REUTERS/ALBERT GEA)

Barcelona meneruskan laju positif di Liga Spanyol. Barcelona kembali meraup tiga poin menyusul kemenangan atas Getafe dengan skor tipis 1-0.

Barca menjamu Getafe di Camp Nou, Senin (23/1/2023) dinihari WIB. Pedri menjadi pahlawan Los Cules usai mencetak satu-satunya gol di pertandingan ini pada babak pertama.

Kemenangan atas Getafe memantapkan Barcelona di puncak klasemen. Barce mengumpulkan 44 poin dari 17 pertandingan, unggul enam poin dari juara bertahan Real Madrid. Namun, selisih angka tersebut bisa saja kembali menciut karena Madrid akan bertanding melawan Athletic Bilbao sesaat lagi.

Jalannya Pertandingan

Gol Getafe dianulir. Di menit keempat, Enes Unal menyelinap di belakang garis pertahanan sebelum melepaskan sepakan yang diselamatkan Marc-Andre ter Stegen. Borja Mayoral mencecar bola rebound ke sudut bawah gawang tapi hakim garis lebih dulu mengangkat bendera tanda offside.

Barcelona merespons. Ousmane Dembele melepaskan sepakan jarak jauh ke arah kanan lalu diselamatkan kiper David Soria.

Barca terus menekan setelah tendangan bebas Pedri di sisi kiri disapu Juan Iglesias. Bola jatuh di jalur Gavi, yang diteruskan dengan sepakan jarak jauh. Soria masih mudah mengantisipasi.

GOL! Kebuntuan Barcelona terpecah di menit ke-35. Pedri membuka keunggulan Barcelona atas Getafe 1-0. Raphinha berakselerasi di sayap kiri sebelum melepaskan umpan silang akurat ke tengah kotak penalti. Pedri menuntaskan dengan sontekan kaki kanan dari depan gawang.

Enam menit kemudian, Getafe membuang sebuah peluang emas untuk mencetak gol penyama. Operan buruk Pedri justru membebaskan Borja Mayoral di depan. Namun, dalam situasi satu lawan satu sepakan Mayoral digagalkan Ter Stegen.

Domingos Duarte melakukan intersepsi tepat untuk mematahkan momentum serangan Barcelona. Bola bergulir melebar sehingga sepakan Dembela cuma bersarag di sisi luar gawang Getafe.

Barcelona nyaris memperbesar skor di menit ke-85. Pemain pengganti Franck Kessie menusuk lalu melepaskan tembakan kaki kiri. Namun, penyelesaian Kessie terlalu dekat dengan Soria sehingga bisa diblok.

Di masa injury time, Getafe menebar ancaman dari sepak pojok. Bola dari sayap kiri ditanduk Juanmi Latasa meski masih mudah ditangkap Ter Stegen.

Susunan Pemain

BARCELONA: Ter Stegen, Sergi Roberto (Marcos Alonso 77'), Christensen (Eric Garcia 46'), Kounde, Alejandro Balde (Jordi Alba 46'), Busquets, Pedri, Gavi, Dembele, Raphinha (Kessie 63'), Ansu Fati

GETAFE: David Soria, Denis Suarez, Dakonam, Alderete, Domingos Duarte, Juan Iglesias (Alvarez 77'), Luis Milla (Jaime Seoane 84'), Carles Alena, Angel Algobia (Gonzalo Villar 63'), Enes Unal (Juanmi Latasa 84'), Borja Mayoral (Portu 77')






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Barcelona Vs Getafe: Gol Tunggal Pedri Menangkan Barca 1-0"