Hagia Sophia

23 January 2023

Liga Italia: Spezia Kalah dari AS Roma 0-2

AS Roma kalahkan Spezia 2-0: (AP/Tano Pecoraro)

AS Roma meraih poin penuh dalam upayanya mengejar empat besar Serie A 2022/2023. Melawat ke Spezia, I Lupi menang dua gol tanpa balas.

Pada laga yang dihelat di Alberto Picco, Senin (23/1/2023) dini hari WIB, Roma mencetak gol di akhir babak pertama lewat Stephan El Shaarawy dan awal babak kedua dari Tammy Abraham.

Dengan tiga poin ini, Roma naik ke posisi keempat klasemen dengan 37 poin dari 19 laga, unggul tiga angka dari Lazio di posisi kelima. Spezia di posisi ke-15 dengan 18 poin.

Jalannya pertandingan

Roma menurunkan trio Paulo Dybala, Stephan El Shaarawy, dan Tammy Abraham di lini depan. Bermain agresif sejak menit awal, Roma berupaya mencetak gol secepatnya.

Tapi, upaya itu selalu gagal karena ketatnya pertahanan Spezia dan penampilan apik Bartolomej Dragowski di bawah mistar. Roma lebih banyak melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Babak pertama mau tuntas, Roma berhasil memecah kebuntuan lewat El Shaarawy. Umpan panjang dari lini belakang diterima Abraham yang mengecoh dua pemain Spezia, sebelum memberikannya ke Dybala.

Dybala berlari dari sisi kanan dan langsung mengirim umpan ketika elihat El Shaarawy bebas. Bola disontek dengan mudahnya ke gawang.

Pada babak kedua, Roma langsung menggandakan skor empat menit setelah jeda. Diawali pemain Spezia yang kehilangan bola di tengah lapangan, Dybala merebutnya dan memberikan umpan terobosan kepada Abraham.

Abraham berlari menyambutnya dan sempat mengecoh Mattia Caldare lewat nutmeg, lalu melewati Dragowski sebelum mengirimkan bola ke gawang kosong.

Tammy Abrahan membuat gol kedua AS Roma (Foto: AP/Tano Pecoraro)

Pada menit ke-56, Dragowski hampir kebobolan lagi karena kesalahan Caldara dalam mengantisipasi bola. Beruntung Dragowski bisa menepisnya dan bola muntah yang disambar Abraham melayang jauh.

Roma terus berupaya menambah gol lagi tapi beberapa peluang yang didapat masih belum menemui sasaran. Untuk menyegarkan lini serang, Roma memasukkan Andrea Belotti di lima menit akhir laga.

Tapi, tidak mengubah skor karena AS Roma tetap menang 2-0 atas Spezia.

Susunan pemain

Spezia: Dragowski; Amian, Caldara, Hristov (Esposito 45'); Holm (Ferrer 13'), Bourabia (Kovalenko 55'), Ampadu, Agudelo, Reca (Moutinho 79'); Gyasi, Verde (Maldini 45')

AS Roma: Rui Patricio; Mancini, Smalling, Ibanez, Celik; Cristante, Matic, Zalewski; Dybala (Belotti 85'), El Shaarawy (Bove 71'); Abraham






















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Spezia Vs AS Roma: I Lupi Menang 2-0"