Hagia Sophia

16 February 2023

Anak Zaskia Adya Mecca Idap Bronkitis, Kenali Tanda dan Gejalanya

Anak ketiga Zaskia Adya Mecca, Bhai Kaba dirawat di ICU setelah didiagnosis mengidap bronkitis. Foto: Instagram: @hanungbramantyo

Pasangan selebriti Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo baru-baru ini membagikan kabar kurang enak. Anak ketiga mereka, Bhai Kaba dilarikan ke rumah sakit pada Selasa (14/2/2023).

Zaskia mengungkapkan, Kaba awalnya mengalami sesak napas. Ia mengira gejala tersebut merupakan kekambuhan dari penyakit asma yang diidap anaknya.

Namun setelah selama menjalani perawatan di rumah sakit, kondisi Kaba tidak kunjung membaik hingga harus dirawat di ICU. Rupanya setelah dicek oleh dokter, Kaba diddiagnosis mengidap penyakit bronkitis.

"Setiap anak-anak kena serangan, saya dan @zaskiadyamecca harus terlihat santai di depan anak-anak. Padahal saturasi Kaba drop di angka 85-86. Dan jantung ini rasanya koprol akut. Kalo kita panik, anak juga panik. Saturasi makin menukik. Susah banget bikin hati santai," imbuh Hanung dikutip dari Instagramnya, Rabu (15/2/2023).

"Sampai jam 2 pagi ini, saturasi tak kunjung naik. Kaba lalu dipindahkan ke ICU agar mudah di monitor," ucap Hanung.

Bronkitis adalah peradangan atau iritasi yang terjadi pada saluran bronkus, yaitu pipa yang berfungsi sebagai penyalur udara dari bagian tenggorokan menuju ke organ paru. Masalah kesehatan ini bisa muncul dalam beberapa hari, minggu, atau bahkan bulan.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, secara umum bronkitis terbagi menjadi dua tipe, yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkitis akut umumnya berlangsung selama 10-14 hari, akan tetapi pengidap kondisi ini bisa mengalami batuk hingga 3 minggu. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering dialami oleh anak-anak usia di bawah 5 tahun.

Sementara bronkitis kronis biasanya berlangsung selama 3 bulan atau terjadi selama beberapa kali dalam 2 tahun. Kondisi ini adalah salah satu jenis Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Bronkitis ini lebih sering terjadi pada orang dewasa berusia 40 tahun ke atas.

Adapun tanda dan gejala bronkitis yang paling umum terjadi pada pengidap adalah batuk. Batuk yang dialami dapat berupa batuk kering atau berdahak. Pada batuk berdahak, dahak yang keluar bisa berwarna putih, kuning, atau hijau.

Selain batuk, pengidap bronkitis juga dapat merasakan gejala lain, seperti :
  • Demam
  • Menggigil
  • Lemas
  • Sesak napas
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Napas berbunyi
  • Nyeri dada ketika batuk























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Diidap Anak Zaskia Adya Mecca Sampai Saturasi Drop, Kenali Tanda dan Gejala Bronkitis"