Hagia Sophia

16 February 2023

Momen Perawat Nyelamatkan Bayi Saat Gempa Turki

Viral perawat menyelamatkan bayi-bayi saat gempa Turki-Suriah. (Foto: Tangkapan layar viral)

Viral momen heroik penyelamatan bayi yang tengah dirawat di inkubator saat gempa hebat melanda di Turki. Kejadian itu terjadi di RS Inayet Topcuoglu, Provinsi Gaziantep, salah satu wilayah yang terkena dampak berat akibat gempa.

Dalam video viral, kedua perawat itu datang dan berdiri di dekat inkubator untuk mencegah mereka terjatuh. Bahkan sepanjang gempa, para perawat tersebut menjaga dan melindungi bayi-bayi itu.

Saat gempa terjadi, tidak ada staf yang tampak berada di bangsal tersebut. Namun, Devlet Nizam dan Gazwl Caliskan segera berlari menuju ruangan tersebut untuk melindungi bayi-bayi di inkubator.

Video ini pertama kali dibagikan oleh salah satu politisi di Turki dan mendapat apresiasi besar dari Menteri Kesehatan Turki.

"Teman-teman kami di Rumah Sakit Gaziantep Inayet Topcuoglu menyelamatkan anak-anak kami yang sakit dengan mengorbankan nyawa mereka selama gempa. Ada banyak contoh seperti ini di rumah sakit lain juga," tutur Koca.

Sejauh ini gempa yang melanda Turki-Suriah yang menghancurkan seluruh kota, telah menelan lebih dari 37.000 jiwa dan diperkirakan terus bertambah. Akibatnya, korban yang selamat dari gempa kehilangan tempat tinggal dalam cuaca yang sangat dingin dan kesulitan untuk menemukan tempat tinggal serta sanitasi yang layak.

Di samping itu, para penyintas gempa juga mengalami trauma yang mendalam akibat banyak perubahan yang secara drastis. Beberapa telah ditarik dari puing-puing setelah berjam-jam dalam dingin dan kegelapan untuk menemukan anggota keluarga telah meninggal atau hilang dan lingkungan yang sibuk di mana mereka tinggal telah berubah menjadi gundukan beton yang hancur.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Momen Perawat Lindungi Bayi-bayi Saat Gempa Hebat Landa Turki"