Hagia Sophia

16 February 2023

Beberapa Tanda Bila Ajal Sudah Dekat yang Jarang Disadari

Tanda-tanda kematian yang kerap tidak disadari. (Foto ilustrasi: Thinkstock)

Menjelang kematian, umumnya akan muncul beberapa tanda khas baik fisik maupun mental. Tanda-tanda tersebut bisa muncul pada kematian alami, sakit, hingga usia lanjut. Tetapi, kematian karena kecelakaan ataupun bunuh diri tidak memiliki tanda-tanda ini tidak bisa terlihat.

Dari pandangan medis, tanda-tanda kematian ini bisa muncul beberapa bulan sebelum meninggal. Meski tidak terlalu spesifik, tanda ini bisa terlihat pada seseorang dengan penyakit berat.

"Seseorang mungkin merasa lelah dan lelah sepanjang waktu, sehingga mereka tidak meninggalkan tempat tidur mereka," tertera dalam WebMD, mengacu pada paparan dr DerSarkissian.

Tanda-tanda kematian seseorang bisa berlangsung begitu saja, baik secar sadar maupun tidak sadar. Berikut tanda kematian yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Lebih Banyak Tidur
dr DerSarkissian mengungkapkan orang yang akan meninggal akan merasa cepat lelah dan lebih banyak beristirahat. Hal ini dikarenakan energi yang dimilikinya lebih sedikit.

Jika tanda ini muncul, buatlah tempat tidur orang tersebut agar lebih terasa nyaman. Jangan lupa untuk sesekali mengatur posisinya, untuk mencegah luka baring atau ulkus dekubitus.

2. Gelisah
Tanda-tanda lain yang bisa muncul adalah kebingungan atau agitasi. Kondisi ini bisa disebabkan perkembangan penyakit, kurangnya oksigen yang mencapai otak, atau obat-obatan.

Selain itu, sembelit (kesulitan buang air besar) atau dehidrasi juga bisa memicu delirium.

3. Sering Menyendiri
Berkurangnya energi pada tubuh orang yang sekarat membuat mereka perlahan menarik diri dari lingkungan. Mereka lebih memilih menyendiri atau mengurangi aktivitas sosial dengan orang-orang yang ada di sekitarnya.

4. Halusinasi
Tanda orang mau meninggal lainnya bisa berupa berbicara hal yang sulit dipahami atau ngelantur. Adapun contohnya seperti melihat hal-hal aneh di luar nalar kebanyakan orang hingga membicarakan orang-orang yang tidak dikenal.

Ini merupakan halusinasi atau penglihatan yang tidak normal atau tidak seperti realita. Umumnya ini dijumpai di hari-hari terakhir menjelang ajalnya.

5. Otot Melemah
Seseorang yang sudah mendekati ajalnya mengalami perubahan pada ototnya yang mulai melemah. Bahkan, mengangkat benda-benda yang ringan seperti cangkir dan berjalan mulai sulit dilakukan.

6. Suhu Tubuh Menurun
Tanda orang mau meninggal juga bisa terlihat dari bintik-bintik keunguan atau jerawat yang muncul pada kulit. Selain itu, tangan dan tangan terasa lebih dingin.

Itu bisa terjadi karena jantung tidak lagi mampu memompa darah dengan baik. Akibatnya, tekanan darah turun dan kulit menjadi lebih dingin.

Dikutip dari Very Well Health, bintik-bintik ini perlahan-lahan dapat menjalar ke lengan dan kaki. Bibir dan kuku juga bisa berubah menjadi biru atau ungu.

7. Mudah Cemas
Mudah cemas pada hal-hal yang kecil bisa menjadi tanda-tanda seseorang mendekati ajalnya yang bisa terjadi. Kondisi ini bisa saja memperparah penyakit, memicu sesak napas, membuat kesal, dan menakutkan.

8. Sesak Napas
Kesulitan bernapas dan sesak napas menjadi salah satu tanda orang yang akan meninggal yang umum terjadi. Saat orang mendekati ajalnya, secara perlahan kecepatan napasnya akan menurun. Akibatnya, napas seperti terengah-engah bahkan berhenti.

9. Nafsu Makan Menurun
Tubuh manusia menjelang kematian tidak lagi membutuhkan kalori dan nutrisi makanan. Secara alami, keinginan untuk makan akan menjadi lebih sedikit. Ini merupakan kondisi yang alami dan mempercepat proses kematian.

10. Jarang Buang Air
Tanda kematian seseorang juga bisa dilihat dari kebiasaannya pergi ke kamar mandi. Orang yang sekarat umumnya akan makan dan minum lebih sedikit, ini akan mempengaruhi keinginan untuk buang air besar dan air kecil kemungkinan akan berkurang.

11. Perubahan pada Organ Vital
Tanda-tanda kematian juga bisa dilihat dari perubahan di organ vital. Misalnya tekanan darah menurun, perubahan pernapasan, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi.

Selain itu, perubahan warna urine berubah yang cenderung berwarna coklat. Apabila ini terjadi, tandanya organ ginjal di dalam tubuh sudah tak lagi berfungsi.

12. Rasa Sakit Luar Biasa
Saat orang menjelang ajalnya, tubuhnya bisa terasa sangat sakit. Bahkan, pada orang yang memiliki penyakit berat, rasa tidak nyaman akan semakin meningkat tajam.

Meski hanya bisa diungkapkan oleh sedikit orang, tapi rasa sakit ini bisa ditunjukkan dari ekspresi wajah atau suara yang meringis kesakitan.

Selain di atas, terdapat beberapa tanda lainnya, seperti:
  • Tekanan darah anjlok di bawah normal (90/60)
  • Detak jantung melaju melebihi normal atau lebih dari 100 kali per menit
  • Mengompol (tak bisa menahan buang air kecil) dan urine pekat serta ada masalah buang air besar
  • Mengemut makanan di dalam mulut atau pipi, dan batuk setelah makan
  • Mata tidak merespons rangsangan visual





















Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Tanda-tanda Kematian yang Kerap Tak Disadari, Termasuk Nafsu Makan Menurun"