Hagia Sophia

16 February 2023

Liga Champions: Borussia Dortmund Kalahkan Chelsea 1-0

Borussia Dortmund menang 1-0 atas Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions (Foto: dpa/picture alliance via Getty I/picture alliance)

Borussia Dortmund memetik kemenangan atas Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Dortmund menang 1-0 berkat gol Karim Adeyemi.

Duel Dortmund vs Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions digelar di Signal Iduna Park, Kamis (16/2/2023) dini hari WIB. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Dortmund baru memecah kebuntuan pada menit ke-63. Karim Adeyemi menjebol gawang Chelsea usai memanfaatkan sebuah serangan balik.

Dortmund akan gantian tandang ke markas Chelsea di Stamford Bridge pada pertandingan leg kedua pada 7 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Chelsea sempat membobol gawang Dortmund pada menit ke-16 lewat Thiago Silva yang memanfaatkan tendangan bebas Reece James. Namun, gol dianulir wasit karena Silva mencetak gol dengan tangannya.

Dortmund gantian mendapat peluang pada menit ke-27. Julian Brandt menyodorkan bola kepada Sebastien Haller yang bergerak di sisi kanan kotak penalti. Haller melepaskan tembakan, tapi hanya mengenai sisi samping luar jaring gawang Chelsea.

Peluang didapat Joao Felix usai melakukan kerja sama satu dua dengan Hakim Ziyech lewat sebuah serangan balik. Namun, meski cukup leluasa, Felix gagal mengarahkan tendangannya ke gawang.

Felix lagi-lagi mendatangkan ancaman untuk gawang Dortmund. Kerja sama dengan Kai Havertz, Felix mengangkat bola melewati Gregor Kobel. Sial bagi Chelsea, bola tendangan Felix menerpa mistar gawang.

Chelsea mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Dortmund pada menit ke-54. Tendangan James mengarah ke pojok kanan atas gawang, tapi masih bisa ditepis Kobel.

Dortmund memecah kebuntuan pada menit ke-63. Karim Adeyemi menjebol gawang Chelsea lewat sebuah aksi individu usai memanfaatkan serangan balik.

Gol ini berawal dari tendangan sudut Chelsea yang dihalau oleh Raphael Guerreiro. Bola jauh ke Adeyemi yang kemudian menggiringnya dari area permainan sendiri hingga ke kotak penalti Chelsea. Dia mengecoh Kepa sebelum memasukkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Tim tamu nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-78. Ziyech melepaskan umpan tarik kepada Koulibaly yang ada di tengah kotak penalti. Bola tendangan Koulibaly ditepis Kobel dan bergulir ke gawang. Emre Can dengan sigap menghalau bola tepat di garis gawang.

Chelsea terus memberikan tekanan. Enzo Fernandez mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang memaksa Kobel melakukan penyelamatan.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund: Gregor Kobel; Marius Wolf (Ryerson 73'), Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, Raphael Guerreiro; Emre Can; Julian Brandt, Jude Bellingham, Salih Ozcan, Karim Adeyemi (Bynoe-Gittens 80'); Sebastien Haller (Modeste 68')

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Reece James, Thiago Silva, Kalidou Koulibaly, Ben Chilwell; Ruben Loftus-Cheek, Enzo Fernandez; Hakim Ziyech, Joao Felix, Mykhailo Mudryk (Cucurella 71'); Kai Havertz





















Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Dortmund Vs Chelsea: Die Borussen Atasi The Blues 1-0"