Hagia Sophia

16 February 2023

Berapakah Kandungan Nutrisi dan Kalori Buah Apel untuk Diet?

Berapa kalori sebuah apel untuk diet? (Foto: iStock)

Apel merupakan salah satu buah populer yang kerap dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Dari banyaknya jenis apel, apel merah dan hijau paling sering dikonsumsi dan alternatif pilihan ketika seseorang menjalani program penurunan badan. Namun, tahukah kamu berapa kalori sebuah apel untuk diet?

Selain dimakan mentah, apel juga bisa dikombinasikan dalam berbagai resep makanan dan minuman. Berikut adalah fakta nutrisi untuk satu buah apel mentah, tidak dikupas, berukuran sedang (100 gram):
  • Air: 86 persen
  • Protein: 0,26 gram
  • Karbohidrat: 13,8 gram
  • Gula: 10,4 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Kalsium: 6 mg
  • Magnesium: 5 mg
Selain itu, buah yang berasal dari asia tengah ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena tinggi serat, vitamin C, dan bersifat antioksidan.

Berapa Kalori Sebuah Apel untuk Diet?

Dikutip dari US Department of Agriculture (USDA), 100 gram apel dengan kulit memiliki 52 kalori dan 0,17 lemak. Meski apel memiliki banyak jenis, sebagian besar apel memiliki jumlah kalori yang hampir sama satu sama lain.

Apel utamanya terdiri dari karbohidrat dan air. Buah ini kaya akan gula sederhana, seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Meskipun kandungan karbohidrat dan gulanya tinggi, Indeks Glikemik (GI) tergolong rendah, berkisar 29 hingga 44. Hal ini disebabkan jumlah serat dan polifenolnya yang tinggi dari apel.

GI adalah istilah yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat makanan memengaruhi kenaikan kadar gula darah. Suatu makanan dikatakan memiliki GI rendah tidak lebih dari 55.

Sebagian serat apel berasal dari serat tidak larut dan larut yang disebut pektin. Serat larut dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, utamanya mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus serta meningkatkan fungsi pencernaan.

Serat juga membantu mempercepat rasa kenyang sekaligus menjaga kadar gula darah. Tak hanya itu, tekstur yang padat dari serat apel membuat seseorang perlu 'effort' untuk mengunyahnya.

Semakin banyak waktu dibutuhkan untuk makan sesuatu, kian besar rasa kenyang yang diperoleh. Karena itu, buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Studi dari Journal of Functional Foods pada January 2013 menemukan konsumsi apel secara teratur dikaitkan dengan kadar lipid yang lebih rendah dan penurunan risiko obesitas.

Bukti lain dari National Institute of Health pada September 2013 membandingkan para wanita yang diberi tiga apel, pir, dan kue gandum setiap hari selama 10 minggu. Hasilnya, wanita yang diberi apel dan pir, masing-masing kehilangan 0,93 dan 0,84 kg berat badannya, sementara partisipan yang mengonsumsi kue gandum tidak menunjukan perubahan.

Jadi, sudah tahukan berapa kalori sebuah apel untuk diet? Peneliti menyarankan apel paling baik dikonsumsi secara utuh daripada dijus agar nutrisinya tetap efektif. Selain itu, buah manis dan segar ini bisa ditambahkan dalam salad, yogurt, atau sereal rendah gula.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Berapa Kalori Sebuah Apel untuk Diet? Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya"