Hagia Sophia

01 February 2023

Buah Berikut Ini Bisa Turunkan Kolesterol dan Cegah Sakit Jantung

Sederet buah penurun kolesterol yang wajib dicoba. (Foto: Thinkstock)

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya penyakit-penyakit yang serius, seperti penyakit jantung, stroke, dan komplikasi lainnya. Tingginya kadar kolesterol yang jahat atau low density lipoprotein (LDL) di dalam darah akan membentuk plak di pembuluh darah dan bisa menghambat aliran darah.

Tingginya kadar kolesterol bisa disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat, seperti sering merokok serta kurang berolahraga. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga agar kadar kolesterol agar tetap stabil sesuai kebutuhan tubuh.

Saat kolesterol tinggi, asupan yang dikonsumsi harus sangat diperhatikan. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut buah-buahan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

Buah Penurun Kolesterol

Alpukat
Dikutip dari Healthshot, alpukat dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lain dari makanan. Buah penurun kolesterol satu ini memiliki banyak lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi jantung.

Selain itu, alpukat secara signifikan dapat mengatur kadar kolesterol HDL dan LDL. Ini dapat membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Berry
Buah berry memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang kaya akan bahan kimia bioaktif yang dapat mencegah terjadinya penyakit kronis. Menurut ahli diet dan ahli gizi di Jaslok Hospital, India, Delnaz Chanduwadia, buah beri ini membantu menurunkan kolesterol dan peradangan karena mengandung antioksidan.

Pisang
Pisang adalah buah yang kaya akan serat, vitamin, mineral yang diperlukan, serta gula alami seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Selain itu, buah ini merupakan sumber potasium dan serat yang baik untuk mengurangi kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Semangka
Dikutip dari Eat This, buah satu ini sangat populer untuk diet penurun kolesterol. Semangka mengandung lycopene, karotenoid yang terbukti mengurangi radikal bebas dan dapat mencegah peningkatan kadar kolesterol.

Apel
Buah penurun kolesterol ini mengandung pektin yang sangat tinggi. Ini dapat membantu tubuh mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, dengan cara membawa kolesterol ke hati atau liver untuk dibuang.

Citrus
Buah citrus atau sitrus seperti jeruk dan lemon mengandung pektin, yakni zat yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu, jenis buah ini juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan, sehingga mampu membantu menurunkan LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Peningkatan kadar kolesterol yang baik dan penurunan kadar LDL serta trigliserida dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, vitamin yang terkandung di dalamnya juga mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Wajib Dicoba! 6 Buah Penurun Kolesterol, Bisa Cegah Sakit Jantung hingga Stroke"