Hagia Sophia

01 February 2023

Kasus Kedua COVID-19 Varian Kranken Ditemukan di Tangsel

Kasus varian Kraken bertambah di RI. (Foto ilustrasi: Wisma Putra/Detikcom)

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengungkap penambahan satu kasus COVID-19 varian Kraken. Pasien diketahui tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan.

"Iya betul ada kasus baru varian Kraken, terdeteksi di 31 Januari, positif COVID-19 XBB.1.5," tutur dr Maxi saat dimintai konfirmasi, Rabu (1/2/2023).

dr Maxi belum menjelaskan lebih lanjut kemungkinan gejala COVID-19 yang dialami pasien. Kasus kedua varian Kraken terdeteksi pada perempuan berusia 47 tahun.

Belum diketahui apakah kasus COVID-19 varian Kraken baru ini masih menjadi kontak erat terdahulu yaitu pasien warga negara asing Polandia yang sempat bermalam di DKI dan melakukan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Perempuan 47 tahun. Domisili Pamulang, Tangerang Selatan, 31 Januari terdeteksi Kraken XBB.1.5, melalui lab PCR dan whole genome sequencing," demikian informasi yang beredar dan terkonfirmasi dr Maxi.

Seperti diketahui, kasus pertama varian Kraken hanya mengeluhkan gejala COVID-19 ringan. Menurut dr Siti Nadia Tarmizi, pasien tersebut juga sudah selesai menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan negatif COVID-19.

"Pasien ini gejalanya batuk ringan sudah dilakukan kontak tracing, dan semua kontak negatif," terang Kepala Biro Komunikasi Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, Kamis (26/1/12023).























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Baru Lagi! COVID-19 Varian Kraken Sudah Sampai Tangsel"