Hagia Sophia

01 February 2023

Tips Mudah Turunkan Kolesterol

Cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh menurut dokter. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tuayai

Meski banyak orang waswas perihal bahaya tinggi kadar kolesterol pada tubuh, makanan goreng-gorengan kerap kali sulit dihindari dari hidangan sehari-hari. Lantas, adakah cara yang bisa dicoba untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh?

Merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia, anjuran konsumsi lemak adalah sebanyak 67 gram atau sekitar 5 sendok makan per hari.

Menanggapi tren makanan berminyak yang kian meningkat, ahli gizi dr Marudut Sitompul, MPS, mengungkapkan cara yang bisa dicoba untuk mencegah peningkatan kolesterol akibat konsumsi lemak berlebih.

"Diupayakan kalau susah diubah (kebiasaan untuk makan makanan berminyak), maka kita harus mengonsumsi sayur buah juga harus banyak karena ada serat di sayur buah tadi yang bisa mengikat lemak sehingga lemak itu tidak semuanya langsung dibawa ke dalam sel, tetapi dia akan bisa diikat kemudian dibuang melalui saluran pembuang," jelas dr Marudut, saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2023).

Selain membantu mengikat lemak dan membawanya keluar dari tubuh, serat yang terkandung dalam sayur dan buah juga dapat turut menghasilkan senyawa asam lemak rantai pendek yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga metabolisme.

"Di Indonesia sendiri, (berdasarkan) Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, 95 persen orang Indonesia kurang makan sayur dan buah, dilihat dari seratnya," ucap dr Marudut.

dr Marudut menyorot pentingnya meningkatkan kesadaran dalam mengonsumsi sayuran dan buah. Pasalnya, tinggi kadar kolesterol dalam tubuh tidak hanya disebabkan oleh makanan, melainkan juga dari faktor pembentukannya dalam tubuh.

"Makanya ada senyawa-senyawa yang bisa menghambat, itu salah satunya adalah serat tadi, bisa menghambat enzim untuk membentuk kolesterol dalam tubuh. Mau nggak mau konsumsi serat harus tinggi, dari sayur dan buah," tuturnya.

Ia juga menekankan pentingnya melakukan pengecekan kadar kolesterol dalam tubuh karena setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda dan tak bisa dipukul rata.

"Berbeda setiap orang. Ada orang yang menjaga makannya, kurus, tetapi kolesterolnya bisa tinggi. Jadi memang pentingnya kita harus mengecek juga, setidaknya total kolesterol kita dicek," jelasnya lebih lanjut.

"Kalau kita normal saja, tidak sakit, 3 bulan sekali itu bisa (untuk melakukan pemeriksaan)," tutupnya.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ahli Gizi Ungkap Cara Mudah Turunkan Kolesterol, yang Doyan Gorengan Harus Tahu"