Hagia Sophia

01 February 2023

Seperti AS dan Jepang, Indonesia Juga Berencana Cabut Status Darurat COVID-19

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin ikut bersuara soal rencana Amerika Serikat mencabut status darurat COVID-19 di 11 Mei mendatang. Menurutnya, rencana serupa tengah dikaji dan sedang dibahas bersama.

Budi juga menyebut pemerintah berkomunikasi dengan sejumlah negara yang mencabut status darurat COVID-19 termasuk Jepang.

"Kita kan sudah ada rencana juga, sudah lapor ke Pak Presiden, cuma memang tetap status pandemi-nya dari WHO lah," sebut Menkes saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan (31/1/2023).

"Tapi bukan hanya AS, jepang juga sudah declare, tadi kita koordinasi dengan mereka, dan Jepang juga kalau nggak salah bulan-nya, bulan Mei," sambungnya.

Terpisah, Kepala Biro Komunikasi Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut saat ini Indonesia berada di fase transisi pandemi COVID-19 menuju endemi. Masker tidak lagi diwajibkan, tetapi pemerintah tetap berpesan untuk memakainya di ruangan tertutup dan ruang terbuka padat kerumunan.

Vaksin COVID-19 juga direncanakan bakal berbayar ke depannya, dengan harga kisaran Rp 150 ribu dan bakal tersedia di apotek hingga fasilitas kesehatan. Perihal mekanismenya, kini masih dalam tahap pembahasan.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Lapor Jokowi soal Rencana Cabut Status Darurat COVID-19"