Hagia Sophia

04 March 2023

Mungkinkah Flu Burung Muncul di Indonesia?

Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Hana Nushratu/detikHealth)

Dunia belakangan waswas soal kasus flu burung pada manusia, terlebih pasca China dan Kamboja melaporkan temuan baru penularan dari unggas ke manusia. Masing-masing mencatat dua kasus dengan jenis flu burung berbeda, satu kasus di China merupakan clade baru 2.3.4.4b H5N1.

Pasalnya, clade ini menyerang dan mematikan banyak unggas di sejumlah negara. Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, kasus potensi penularan semacam itu bukan tidak mungkin terjadi Indonesia.

Namun, kabar baiknya, tidak ada penularan antarmanusia sampai saat ini sehingga risiko transmisi masih relatif rendah.

"Memang kasus sesudah pandemi covid yang mesti diperhatikan adalah influenza, influenza ini virus yang pakai H pake N, H1N1, H5N1, H3N3 semuanya pake H dan N, nah sekarang yang ketemu H5N1 flu burung, flu burung ini loncatnya tuh dari hewan ke manusia
belum ditemukan yang manusia ke manusia," beber dia saat ditemui di Gedung RSCM, Jumat (3/3/2023).

"Katanya ada, cuma harus science base dan evidence base, kita mesti liat surveilansnya di unggasnya di hewannya kalo ada hewan-hewan yang mendadak mati banyak, mesti cepet diambil darahnya dites digenome sequencing," sambung Menkes.

Ia melanjutkan, perlu ada tracing bersama Kementerian Pertanian untuk menekan risiko penularan antarunggas maupun ke manusia. Meski begitu, Menkes meminta masyarakat tidak panik dan tetap menjaga protokol kesehatan.

"Kalau ternyata dia H5N1 itu flu burung itu ada containment dari hewan-hewan unggas-unggas di sana," beber Menkes.

"Surveilansnya harus kerja sama dengan kementerian pertanian nah itu sekarang yang kita lakukan," sambungnya.

Seperti diketahui, kasus flu burung pada unggas juga baru-baru ini terdeteksi di Cimahi, ada 172 unggas yang terpapar dan 49 di antaranya mati.

"Jadi surveilansnya kita yang biasanya deteksi manusia ini karena penularannya dari hewan nah ini dari unggas dan sedang dicari,
gimana pencegahannya ya pake masker rajin cuci tangan itu kan dari pengawasan," sambungnya.























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kasus Flu Burung pada Manusia Berpotensi Muncul di RI? Menkes Bilang Gini"