Hagia Sophia

04 March 2023

Menkes Jamin Keamanan Data Pribadi di SatuSehat

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Prima Syahbana/detikSumut

Aplikasi PeduliLindungi resmi berubah menjadi SatuSehat pada Selasa malam (28/2/2023). SatuSehat memunculkan beragam fitur baru salah satunya adalah riwayat kesehatan. Data tersebut nantinya bisa diakses oleh berbagai fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia.

"Jadi gini, dengan adanya integrasi ke SatuSehat semua data nanti formatnya sama, dan data itu bisa dipertukarkan," ucap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ditemui detikcom di Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2023).

Ketika pasien yang dirawat di rumah sakit harus dirujuk, nantinya dokter di rumah sakit rujukan sudah bisa mengakses riwayat kesehatan pasien. Dengan begitu diagnosa dan langkah perawatan selanjutnya dapat dilakukan lebih cepat dan tepat.

"Karena semuanya terintegrasi bukan hanya antar rumah sakit, tapi rumah sakit dengan lab seperti prodia, dan rumah sakit dengan puskesmas serta rumah sakit dengan apotik," jelas Menkes.

"Jadi bisa kelihatan. Jadi dokter-dokter dengan mudah bisa melihat kondisi si pasien inginnya kita SatuSehat seperti itu," sambungnya.

Selain itu, sistem keamanan aplikasi SatuSehat juga dipertanyakan. Hal ini menjadi kekhawatiran lantaran aplikasi PeduliLindungi sebelumnya pernah mengalami kebocoran data. Tak hanya itu saja, kini SatuSehat pun menyimpan data yang begitu private seperti riwayat kesehatan.

Disinggung soal keamanan, Menkes meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Menkes mengungkapkan bahwa proses pengolahan data di SatuSehat akan mirip dengan sistem perbankan.

"Pernah pakai ATM bank lain nggak buat tarik uang? Pada saat kita pakai ATM bank lain takut nggak datanya muter-muter ke bank lain? Kan nggak takut kan kalau hilang? Jadi dont worry," ujar Menkes.

"Saya pengen bikin datanya pakai minimal sama kayak data perbankan aja. Kartu kredit kalau kita keluar negeri, gesek, itu sebenarnya data kita diakses dari luar negeri, teman-teman nggak ngerasa takut, ya karena itu memang sudah ada sistem keamanannya," lanjutnya lagi.

Lebih lanjut, Menkes memastikan bahwa pihaknya akan mengatur data yang ada di SatuSehat dengan baik dan aman.

"Jadi jangan khawatir. Keamanan data itu secara internasional di perbankan itu sudah ada. Di defense udah ada, semua ada. Tinggal bagaimana kita memanage data yang bagus dan itu yang kita pastikan berjalan," pungkasnya.

























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes Pastikan Data Pribadi SatuSehat Aman: Don't Worry"