Hagia Sophia

04 March 2023

Ngeluh Karena Sesak Napas, Nani Wijaya Dirawat di RS

Nani Wijaya dilarikan ke RS akibat sesak napas yang dipicu lendir di paru-paru. (Foto: Instagram)

Aktris senior Nani Wijaya dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh sesak napas. Saat ini Nani Wijaya tengah dirawat di RS Fatmawati.

Nina Wijaya, putrinya, mengatakan gejala sesak napas sudah dirasakan ibunya sejak Rabu (1/3) dini hari sehingga dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

"Beliau tidak bisa mengeluarkan slime (lendir) dari paru-paru, sehingga sulit untuk bernapas, karena semakin sulit bernapas, makanya kami sekeluarga sepakat untuk membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif," kata Nina.

Sejauh ini belum diketahui kondisi apa yang memicu penumpukan lendir di paru-paru aktris senior itu. Namun ada beberapa hal yang terkait dengan lendir di paru-paru.

Dikutip dari laman WebMD, tubuh secara alami memproduksi lendir setiap hari dan belum tentu merupakan tanda sesuatu yang tidak sehat. Lendir, juga dikenal sebagai dahak saat diproduksi oleh sistem pernapasan, melapisi jaringan tubuh dan membantu melindungi dari infeksi.

Tetapi produksi yang terlalu banyak, terutama di paru-paru, dapat mengganggu dan mungkin merupakan tanda masalah kesehatan. Lendir di paru-paru bisa dipicu oleh:

1. Alergi

Alergi dapat menyebabkan sejumlah gejala, mulai dari mata gatal dan bersin hingga hidung tersumbat, dada sesak, dan batuk yang memicu lendir di paru-paru. Reaksi yang melibatkan paru-paru lebih umum terjadi jika alergi terhadap sesuatu yang ada di udara, seperti serbuk sari atau tungau debu.

2. Infeksi Bakteri dan Virus

Infeksi seperti flu, bronkitis akut, dan radang paru-paru dapat menyebabkan saluran napas menghasilkan lendir ekstra. Warnanya mungkin hijau atau kuning.

3. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

PPOK mencakup beberapa penyakit paru-paru yang dapat mempersulit pernapasan, termasuk bronkitis kronis dan emfisema. Bronkitis kronis menyebabkan peradangan pada saluran bronkial dan lebih banyak lendir, yang keduanya membuat paru-paru Anda lebih sulit bekerja. PPOK umumnya disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap hal-hal yang mengiritasi paru-paru, seperti asap rokok.
























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Keluarga Ungkap Penyebab Nani Wijaya Dilarikan ke RS: Lendir di Paru-paru"