Hagia Sophia

22 April 2023

Akibat Tantangan 'Benadryl Challenge', Anak 13 Tahun Ini Tewas

Viral bocah di Ohio, AS, mengalami kejang hingga meninggal dunia akibat tantangan TikTok, 'Benadryl Challenge'. (Foto: Facebook Justin Stevens)

Nasib nahas menimpa seorang anak di Ohio, Amerika Serikat setelah mengikuti tantangan viral 'Benadryl Challenge' di TikTok. Bocah yang bernama Jacob Stevens itu melakukan tantangan tersebut bersama teman-temannya.

Dalam tantangan ini, peserta akan mengonsumsi 12-14 butir antihistamin untuk memicu halusinasi. Dosis tersebut enam kali lebih banyak dari yang disarankan dokter.

Menurut ayah Jacob, Justin Stevens, putranya mengalami overdosis di rumahnya. Rekaman yang diambil teman-temannya menunjukkan Jacob menelan banyak pil sebelum akhirnya ia mengalami kejang.

"Itu terlalu banyak untuk tubuhnya," kata ayah Jacob dikutip dari NY Post, Jumat (21/4/2023).

Jacob kemudian dilarikan ke rumah sakit dan tubuhnya dipasang ventilator. Sayangnya, enam hari kemudian Jacob meninggal dunia dan hari tersebut merupakan hari terburuk dalam hidup ayahnya.

"Tidak ada pemindaian otak, tidak ada apa-apa di sana," kata Justin.

"Mereka bilang kita bisa menahannya di ventilator, bahwa dia bisa berbaring di sana, tapi dia tidak akan pernah membuka matanya, dia tidak akan pernah bernapas, tersenyum, berjalan atau berbicara," lanjutnya.

Tidak ingin hal serupa terulang, Justin memperingatkan agar orang tua tidak membiarkan anak-anak bermain media sosial tanpa pengawasan.

Tantangan ini mulai populer pada 2020 yang diikuti para remaja untuk mendapatkan atensi sosial. Sebelum Jacob, pada Agustus 2020 seorang gadis meninggal dunia akibat overdosis fatal setelah melakukan tantangan tersebut.

Menanggapi kejadian itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS telah menghubungi TikTok dan mendesak mereka untuk menghapus video serta mengantisipasi video tambahan yang mungkin diunggah.

Benadryl adalah antihistamin yang digunakan untuk mengobati gejala seperti pilek atau bersin karena alergi saluran pernapasan atas, demam, atau flu biasa. Menurut FDA AS, Benadryl aman dan efektif apabila digunakan sesuai anjuran.

"Diphenhydramine dipasarkan dengan nama merek Benadryl, merek toko, dan obat generik. Ini juga tersedia dalam kombinasi dengan pereda nyeri, penurun demam, dan dekongestan," kata FDA, dikutip dari CNN, Jumat (21/4/2023).

FDA menambahkan, konsumen, khususnya orang tua, harus menyimpan Benadryl dan obat bebas lainnya serta obat resep jauh dari jangkauan anak-anak.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Kronologi Bocah 13 Tahun yang Tewas gegara Tantangan Viral Benadryl Challenge"