Hagia Sophia

22 April 2023

Cinlok Saat Lebaran, Cuma Terbawa Suasana?

Ilustrasi cinlok di momen Lebaran. (Foto: Getty Images/FilippoBacci)

Bertemu dengan saudara-saudara menjadi tradisi saat lebaran. Tak jarang, karena sudah lama tidak bertemu, seseorang bisa saja terpana dengan saudaranya sendiri. Meskipun begitu, beberapa orang mungkin bingung apakah perasaan tersebut hanyalah karena terbawa suasana atau memang benar jatuh hati.

Rumit memang, tetapi bukan berarti tidak bisa dijelaskan. Psikolog Veronica Adesla, MPsi dari Ohana Space menjelaskan bedanya cinlok karena beneran cinta dengan yang hanya terbawa suasana.

"Cara ngebedainnya adalah ketika kita sudah kembali ke realita. Realita maksudnya kembali ke kehidupan sehari-hari. Ini adalah waktunya kita tes. Ini kemarin emang cuma cinta lokasi atau emang bener suka sama orang ini, emang bener punya ketertarikan sama orang ini bukan cuma terbawa suasana yang lagi happy, caranya adalah begitu," jelasnya ketika dihubungi detikcom, Jumat (14/4/2023).

Ketika seseorang sudah kembali ke kehidupan sehari-hari, dalam kata lain sedang tidak berada dalam suasana merayakan, seseorang harus menjalani aktivitas seperti bekerja atau belajar. Dalam aktivitas ini, seseorang kadang kala harus menghadapi situasi yang membosankan atau stres.

"Nah di dalam situasi seperti ini, apakah kita bisa tetap suka sama orang ini? Apakah di dalam situasi seperti ini, respon-respon dari orang ini, respon-respon yang kita rasa nyaman, itu kita suka. Kalau gak ya kemungkinan itu cinta lokasi karena momennya membuat kita tertarik gitu," katanya.

Terkait rasa suka yang bisa muncul, Veronica menyebut beberapa faktor yang bisa membuat seseorang tertarik dengan orang lain, di antaranya kedekatan geografis, kesamaan, timbal balik, dan rasa familiar. Selain itu, faktor fisik juga bisa menjadi pendorong rasa tertarik tersebut.

Ketika seseorang merasa nyaman, bahkan dengan sepupunya sendiri, bisa jadi rasa suka ini muncul. Maka dari itulah, untuk membedakan rasa nyaman ini dengan perasaan cinta yang sebenarnya bisa menggunakan cara yang dianjurkan tersebut.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Cinlok dengan Sepupu saat Lebaran, Beneran Suka atau Cuma Terbawa Suasana?"