Hagia Sophia

22 April 2023

Mata Kiri Atas Kedutan? Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi kedutan mata kiri atas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan-balvan

Mungkin Detikers pernah merasakan mata kiri atas yang berkedut. Kedutan mata merupakan kondisi yang umum, namun juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Kedutan mata juga bisa mengganggu aktivitas jika berlangsung lama. Yuk ketahui arti kedutan mata kiri atas beserta cara mengatasinya.

Arti Kedutan Mata Kiri Atas

Mengartikan kedutan mata kiri atas adalah bagian dari budaya Indonesia. Salah satunya dalam Primbon Jawa yang dibahas dalam beberapa buku misal Kitab primbon Jawa serbaguna karya R Gunasasmita, Primbon masa kini dari Donny Satryowibowo Ranoewidjojo (R.), dan Primbon Wanita yang ditulis Hidayatul Aini.

Dikutip dari buku tersebut, arti kedutan mata kiri atas adalah:
  • Akan mendapatkan kenikmatan yang berkecukupan
  • Akan bertemu dengan kekasih jika terjadi kedutan di alis mata kiri
  • Pertanda akan memperoleh kebaikan dan kebahagiaan dalam hidupnya bagi seorang wanita.
Terlepas dari benar tidaknya arti kedutan mata kiri atas, akan lebih baik jika segera mencari tahu penyebabnya. Bila terasa mengganggu sangat disarankan segera ke dokter.

Penyebab Kedutan Mata

Kedutan Mata adalah kondisi dimana terdapat gerakan mata atau kelopak mata yang cepat dan berulang. Kondisi ini umumnya datang dan pergi dengan sendirinya.

Arti kedutan mata kiri atas atau bagian mata manapun bisa disebabkan oleh sinyal yang tak biasa di otak atau otot wajah. Terdapat berbagai faktor yang ringan hingga serius dan harus ditangani oleh dokter.

1. Stres
Stres bisa menjadi pemicu mata kedutan. Saat stres, otot-otot saraf di tubuh bisa menegang, termasuk di bagian mata. Meski begitu gejalanya akan berangsur menghilang seiring saat rasa stres yang dialami berkurang.

2. Kelelahan
Penyebab selanjutnya yaitu kelelahan. Mengutip Cleveland Clinic, kamu harus cukup berolahraga dan memiliki waktu tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam. Jangan lupa juga untuk tetap terhidrasi. Setelah rileks, sebagian besar kasus kedutan kelopak mata akan hilang.

3. Mata Kering
Menurut Coopervision, mata yang kering juga bisa memicu kedutan mata. Masalah umum ini terjadi seiring bertambahnya usia seseorang dan bagi orang yag menggunakan komputer setiap hari.

4. Alergi Mata
Alergi mata melepaskan histamin ke mata yang bisa menyebabkan kedutan. Biasanya dokter merekomendasikan obat tetes antihistamin untuk mengatasi gejala ini.

5. Kurang Nutrisi
Berbagai vitamin dan juga mineral bertanggung jawab dalam fungsi otot. Kedutan mata bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan berbagai nutrisi seperti elektrolit, vitamin B12, vitamin D atau magnesium.

6. Obat-obatan
Dalam beberapa kasus, obat-obatan yang dikonsumsi untuk kondisi kesehatan bisa memicu mata berkedut. Kamu perlu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk mempertimbangkan pemakaian obat.

7. Mengkonsumsi Kafein
Konsumsi kafein bisa menyebabkan kedutan pada mata. Meski begitu, umumnya, efeknya bergantung pada seberapa banyak kafein yang dikonsumsi.

8. Blepharospasm
Blepharospasm atau kejang hemifacial adalah bentuk kedutan mata yang lebih serius. Kondisi ini terjadi di mata sistem saraf menyebabkan peningkatan kedipan dan penutupan paksa kedua mata.

9. Sindrom Meige
Sindrom Meige terjadi ketika seseorang mengalami kejang otot kuat dan seringkali menyakitkan untuk menggerakkan mata, wajah bagian bawah dan juga rahang. Gejalanya juga meliputi kejang pada lidah, rahang serta kelopak mata.

10. Bell's Palsy
Bell's Palsy merupakan kelumpuhan otot wajah sementara. Kondisi ini membuat wajah terkulai di satu sisi atau bisa juga terjadi di kedua sisi.

11. Dystonia
Dystonia adalah kondisi di mana seseorang memiliki gerakan otot yang tak terkendali di beberapa bagian tubuh. Hal ini disebabkan karena sinyal yang salah dari otak.

12. Penyakit Parkinson
Mengutip Healthline, penyakit parkinson adalah gangguan neurologis progresif. Gerakan otot tubuh yang terkoordinasi dimungkinkan oleh dopamin. Dopamin diproduksi di bagian otak yang disebut dengan substantia nigra. Pada orang yang mengalami parkinson, sel-sel substansia nigra mulai mati.

Cara Mengatasi Kedutan Mata

Kedutan mata yang ringan bisa diatasi dengan gaya hidup yang lebih sehat. Mengutip WebMd, Healthline dan Cleveland Clinic, berikut di antaranya
  • Tidur yang cukup
  • Kurangi konsumsi kafein
  • Kelola stres
  • Olahraga
  • Berhenti merokok
  • Banyak istirahat
Kapan Harus ke Dokter?

Meski kedutan mata jarang memerlukan perawatan medis darurat, tapi kondisi ini kemungkinan merupakan gejala gangguan otak atau sistem saraf yang serius.

Sehingga kamu perlu menemui dokter jika:
  • Mata merah, bengkak atau mengeluarkan cairan yang tidak biasa
  • Kelopak mata bagian atas terkulai
  • Kelopak mata benar-benar tertutup setiap kali berkedut
  • Kedutan berlanjut selama berminggu-minggu
  • Kedutan mempengaruhi bagian lain dari wajah.
  • Pusing
  • Penglihatan kabur atau hilang pada satu atau kedua mata
Itulah penjelasan mengenai arti kedutan mata kiri atas mulai dari penyebab, cara mengatasi dan waktu yang tepat untuk menemui dokter. Semoga informasi ini bermanfaat ya.



























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Arti Kedutan Mata Kiri Atas dan 12 Penyebabnya, Kapan ke Dokter?"