Hagia Sophia

22 April 2023

Moonbin Diduga Bunuh Diri Karena Hadapi Masalah Kesehatan Mental

Terkait penyebab kematian Moonbin ASTRO yang diduga bunuh diri, kesehatan mental jangan dianggap sepele. (Foto: dok Instagram)

Industri musik K-pop sedang berduka. Moonbin ASTRO ditemukan meninggal dunia di kediamannya pada 18 April 2023 pukul 20.10 waktu Korea Selatan.

Manajer Moonbin yang datang ke rumahnya adalah orang pertama yang mengetahui hal tersebut. Ia segera menghubungi pihak kepolisian saat melihat sang artis dalam posisi tergeletak. Menurut pihak berwajib, kematiannya diduga bunuh diri.

Kabar duka ini adalah yang terbaru dari serangkaian kematian mendadak selebritas muda yang melanda industri hiburan Korea Selatan. Pada Oktober 2019, bintang K-pop Sulli bunuh diri setelah berjuang lama melawan perundungan di media sosial.

Sebulan kemudian, teman dekatnya, Goo Hara, ditemukan tewas di rumahnya di Seoul. Jonghyun, penyanyi dari grup SHINee meninggal dunia akibat bunuh diri pada 2017.

Pentingnya Kesehatan Mental

Dikutip dari WHO, 703.000 orang bunuh diri tiap tahun dan masih banyak lagi orang yang mencoba bunuh diri. Bunuh diri menjadi penyebab utama kematian keempat di antara usia 15-29 tahun secara global pada tahun 2019.

Terdapat hubungan antara bunuh diri dan kesehatan mental. Namun, banyak pula kasus yang terjadi akibat penurunan kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup. Selain itu, mengalami konflik, bencana, kekerasan, pelecehan, atau kehilangan dan rasa terasingkan sangat berkaitan dengan perilaku bunuh diri.

Tingkat bunuh diri juga tinggi di antara kelompok yang rentan mengalami diskriminasi.

Kesehatan mental, menurut Kementerian Kesehatan, merupakan kondisi ketika individu memiliki kesejahteraan yang tampak dari dirinya yang mampu menyadari potensinya sendiri, memiliki kemampuan untuk mengatasi tekanan hidup normal pada berbagai situasi dalam kehidupan, mampu bekerja secara produktif, serta mampu memberikan kontribusi pada komunitasnya.

Jika kesehatan mental terganggu, gangguan mental atau penyakit mental bisa timbul. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Stigma, terutama seputar masalah kesehatan mental dan bunuh diri, menjadikan banyak orang yang berpikir atau mencoba bunuh diri tidak mencari dan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Pencegahan bunuh diri belum ditangani secara memadai karena kurangnya kesadaran akan bunuh diri sebagai masalah kesehatan. Selain itu, masalah ini dianggap tabu untuk dibicarakan secara terbuka.

Rekognisi dan pendidikan adalah cara penting untuk menghilangkan stigma yang terkait dengan kesehatan dan penyakit mental. Berbicara secara terbuka tentang kesehatan mental dapat mengurangi kesalahpahaman dan stigma.

Penting bagi keluarga, teman, dan orang-orang tersayang untuk memahami dampak kesehatan mental terhadap kehidupan sehari-hari. Ketika masyarakat lebih terdidik tentang kondisi ini, mereka dapat mendukung dan membantu seseorang yang menghadapi masalah kesehatan mental dengan lebih baik.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Moonbin ASTRO Diduga Bunuh Diri, Kesehatan Mental Jangan Dianggap Sepele"