Hagia Sophia

24 April 2023

Ini Fungsi Obat Simvastatin, Salah Satunya untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Fungsi obat simvastatin, benarkah bisa menurunkan kolesterol dengan cepat? (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/spukkato)

Obat Simvastatin banyak diincar di momen Lebaran, terutama oleh para penderita kolesterol. Obat ini disebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat setelah kalap mengkonsumsi makanan bersantan dan daging dengan porsi yang berlebih.

Benarkah fungsi obat simvastatin untuk mencegah kolesterol naik saat kalap makan daging dan kuah bersantan?

Fungsi obat simvastatin

Dikutip dari WebMD, fungsi obat simvastatin adalah untuk mengurangi jumlah kolesterol yang dibuat oleh hati. Ini bekerja dengan menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, hingga stroke.

Namun, menurunkan kadar kolesterol jahat tidak hanya dengan obat simvastatin. Fungsi obat simvastatin ini akan bekerja dengan baik jika dibantu diet yang tepat, seperti mengkonsumsi makanan rendah lemak.

Selain itu, bisa didorong dengan berolahraga, menurunkan berat badan jika mengalami obesitas, dan berhenti merokok.

Benarkah bisa mencegah kolesterol dengan cepat?

Spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir Haruni alias dr Koko menegaskan pemahaman ini keliru. Bukan berarti, kerja simvastatin bisa langsung menghilangkan seketika efek kolesterol pasca kalap daging lebaran.

"Minum statin tidak untuk menangkal kolesterol yang tiba-tiba meningkat karena asupan high-fat diet di fase Lebaran," beber dia dalam akun pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

"Dia statin kerjanya lebih slow," lanjutnya.

Cara mengkonsumsi obat simvastatin

Obat simvastatin ini termasuk kategori obat keras, sehingga tidak boleh dikonsumsi secara asal dan harus berdasarkan resep dokter. Dikutip dari Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), obat ini memiliki dosis yang berbeda tergantung indikasi penyakit dan usia pasien.

Berikut dosis yang harus diperhatikan penggunaanya:

Penurun Kolesterol dan Lemak Tinggi dalam Darah (Dislipidemia)
  • Dewasa: 10-20 mg sekali sehari pada malam hari. Pada kasus yang parah, dosis awal dapat ditingkatkan menjadi 20-40 mg dengan dosis harian maksimal 80 mg.
Menghambat Risiko Penyakit Jantung
  • Dewasa: 20-40 mg sekali sehari pada malam hari.
Meredakan Kolesterol Tinggi Bersifat Genetik (Familial Hypercholesterolemia)
  • Anak-anak: 10-40 mg sekali sehari pada malam hari.
  • Dewasa: 40 mg sekali sehari pada malam hari.
Agar lebih efektif, pengguna simvastatin wajib menerapkan diet rendah kolesterol. Artinya, pengidap kolesterol tinggi harus menghindari makanan berminyak, siap saji, daging-dagingan, alkohol, soda, dan asupan yang banyak mengandung gula serta lemak jahat.

Kapan waktu yang tepat untuk mengkonsumsi agar fungsi obat simvastatin bekerja dengan baik?
Dikutip dari laman NHS UK, obat simvastatin dikonsumsi sekali dalam sehari saat malam hari. Ini karena tubuh membuat sebagian besar kolesterol di malam hari, jadi fungsi obat simvastatin dapat bekerja lebih baik dalam menurunkan kolesterol.

Obat simvastatin ini harus diminum secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Meski sudah sehat, obat ini harus tetap diminum karena kebanyakan orang dengan kolesterol tinggi atau trigliserida tidak merasa sakit.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Fungsi Obat Simvastatin, Bisa Cegah Kolesterol Meski Kalap Daging-Opor Lebaran?"