Hagia Sophia

24 April 2023

Liga Inggris: Memalukan, Tottenham Kalah dari Newscastle 1-6

Newcastle berhasil mengalahkan Tottenham dalam lanjutan Liga Inggris. Foto: CameraSport via Getty Images/Alex Dodd - CameraSport

Newcastle United menang telak 6-1 atas Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris musim ini. The Magpies tanpa ampun menghukum pertahanan Spurs yang begitu keropos di laga ini.

Bermain di St James' Park, Minggu (23/4/2023), gol-gol kemenangan Newcastle dicetak oleh Jacob Murphy di menit ke-2 dan 9, lalu Joelinton (6'), Alexander Isak (19', 21') dan Callum Wilson (67'). Gol hiburan Tottenham dicetak Harry Kane (49').

Tambahan tiga poin membuat Newcastle naik ke urutan tiga klasemen sementara Liga Inggris dengan 59 poin dari 31 laga, unggul selisih gol dari Manchester United yang memiliki poin sama. Tottenham tetap di posisi lima dengan 53 poin dari 32 laga.

Jalannya pertandingan

Newcastle unggul cepat di menit ke-2. Tembakan Joelinton berhasil ditepis Hugo Lloris, namun Jacob Murphy menyambar bola liar dan menuntaskan peluang menjadi gol. Tuan rumah memimpin 1-0.

Tottenham belum sempat mengatur napas saat kembali kebobolan di menit ke-6. Fabian Schar dengan cerdik mengirim umpan terobosan yang berhasil diterima Joelinton. Ia mengecoh Lloris dalam duel satu lawan satu lalu menceploskan bola ke gawang kosong.

Joelinton mengecoh Lloris sebelum menceploskan bola ke gawang Tottenham. Foto: CameraSport via Getty Images/Alex Dodd - CameraSport

Tim tamu semakin terbenam di menit ke-9. Eric Dier bermaksud mengumpan kepada Son Heung-min, namun bola direbut Schar lalu dikuasai Murphy. Dengan tembakan dari jarak sekitar 27 meter, ia sukses menjebol gawang Lloris, mengubah skor menjadi 3-0.

Pesta gol Newcastle tak berhenti di situ. Menit ke-19, giliran Alexander Isak yang membobol gawang Tottenham. Lewat serangan balik, Joseph Willock mengirim long ball kepada striker Swedia itu yang kemudian menggiring bola dan menaklukkan Lloris dengan satu tembakan mendatar ke sudut kiri.

Fans Newcastle belum selesai merayakan gol keempat saat Isak kembali membobol gawang Tottenham di menit ke-21. Ia menuntaskan umpan Sean Longstaff dari sisi kanan dengan kembali menembakkan bola ke sudut kanan gawang Lloris.

Momen Isak merayakan gol kelima sementara para pemain Tottenham hanya bisa terdiam. Foto: Getty Images/Robbie Jay Barratt - AMA

Tottenham berupaya memberi perlawanan. Harry Kane mendapat peluang di menit ke-30, namun tembakan kaki kirinya berhasil diamankan Nick Pope. Skor 5-0 untuk tuan rumah bertahan hingga turun minum.

Tottenham menipiskan jarak di babak kedua lewat gol Kane pada menit ke-49. Menerima umpan Pierre-Emile Hojbjerg, ia lalu membawa bola dari sisi kiri menuju kotak penalti, mengecoh Schar, diakhiri dengan tembakan yang sukses membobol gawang Pope.

Kebobolan satu gol, Newcastle tetap bermain tenang. Mereka membalasnya dengan gol keenam di menit ke-67. Callum Wilson yang baru masuk di menit ke-66 menuntaskan umpan Miguel Almiron dengan tembakan jarak dekat ke sudut kanan gawang Fraser Forster.

Tak ada lagi gol yang tercipta sesudahnya. Skor 6-1 untuk kemenangan Newcastle bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Newcastle United: Nick Pope; Dan Burn, Sven Botman, Fabian Schar (Jamaal Lascelles 74'), Kieran Trippier (Javi Manquillo 70'); Sean Longstaff, Bruno Guimaraes (Anthony Gordon 70'), Joseph Willock; Joelinton, Jacob Murphy (Miguel Almiron 66'), Alexander Isak (Callum Wilson 66').

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris (Fraser Forster 46'); Cristian Romero, Eric Dier, Pedro Porro; Ivan Perisic, Oliver Skipp, Pierre-Emile Hojbjerg, Pape Sarr (Davinson Sanchez 23'); Dejan Kulusevski (Arnaut Danjuma 72'), Son Heung-min (Richarlison 83'), Harry Kane.





























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Newcastle Vs Tottenham: The Magpies Menang Telak 6-1"