Hagia Sophia

24 April 2023

Mantan Bos CDC China: COVID-19 Mungkin Bocor dari Lab Wuhan

Ilustrasi COVID-19 bocor dari lab Wuhan. (Foto: AP Photo)

Teori konspirasi terkait asal usul COVID-19 hingga saat ini masih berseliweran. Meskipun banyak dari mereka yang meyakini kemunculannya bersifat alamiah, yakni dari hewan ke manusia, di sisi lain sejumlah ahli dan pakar mengesampingkan fakta tersebut.

Bahkan, seorang mantan bos Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) China, mengakui kemungkinan besar menyebarnya COVID-19 adalah kebocoran dari laboratorium.

Profesor George Gao, yang menjalankan Pusat Pengendalian Penyakit China (CDC) ketika pandemi dimulai menjelang akhir 2019, kini menggambarkan teori tersebut sebenarnya masuk akal atau logis.

Meski begitu, dia menegaskan tidak ada bukti yang mendukung klaim COVID-19 bocor dari lab Wuhan. Pernyataan berseberangan diutarakan pemerintah Beijing yang berulang kali menekankan COVID-19 muncul secara alami di dalam pasar basah Wuhan.

Profesor Gao mengakui bahwa COVID-19 yang berasal dari kebocoran laboratorium mungkin terjadi.

"Dengan asal-usulnya, Anda memiliki semua teori konspirasi ini, itu buatan manusia, itu adalah kebocoran laboratorium, virus sudah beradaptasi dengan sel," katanya, dilaporkan Daily Telegraph.

"Yah, itu mungkin, itu pemikiran logis. Tapi di mana buktinya, di mana faktanya?"

Dia menambahkan bahwa sejak kebocoran laboratorium SARS pada tahun 2004, yang menyebabkan serangkaian kasus dan satu kematian, China telah melakukan biosekuriti dengan serius.

"Kami sangat menekankan keamanan hayati karena ini sangat penting. Kami memiliki banyak peraturan nasional dan begitu banyak standar," katanya.

Bahkan pengakuan bahwa ada kemungkinan kebocoran laboratorium Covid sangat berbeda dengan penjelasan resmi Beijing tentang bagaimana pandemi dimulai.

Tapi ini bukan pertama kalinya Profesor Gao terjebak tampaknya berbicara bertentangan dengan narasi pandemi resmi negaranya.

Awal bulan ini, dia, bersama rekan-rekannya, menerbitkan sebuah makalah mengejutkan yang menyatakan tidak ada bukti yang mengatakan bahwa virus itu berpindah dari hewan ke manusia di pasar basah Wuhan yang sekarang terkenal.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pengakuan Mantan Bos CDC China Sebut COVID-19 Mungkin Bocor dari Lab Wuhan"