Hagia Sophia

24 April 2023

Kisah Atlet Terisolasi dari Dunia Luar Selama 500 Hari

Foto: (Youtube)

Kisah atlet ekstrem muncul dari gua kedalaman 230 kaki atau 9,1 meter di bawah tanah. Dirinya terisolasi selama 500 hari dari dunia luar, kemungkinan mencetak rekor baru Guinness World Record.

Adalah Beatriz Flamini berusia 50 tahun yang meninggalkan gua di Spanyol selatan tempat dia berada sejak 21 November 2021. Olahragawan sekaligus pendaki gunung itu telah dipantau para ilmuwan dalam sebuah proyek bernama Timewave demi mempelajari lebih lanjut tentang kapasitas pikiran manusia dan ritme sirkadian.

Dia berusia 48 tahun ketika pergi ke gua dan merayakan dua kali ulang tahun sendirian di bawah tanah. Dia menggambarkan pengalaman terputus dari dunia luar sebagai fenomena luar biasa, hingga tak terkalahkan.

"Saya sudah diam selama satu setengah tahun, tidak berbicara dengan siapa pun kecuali diri saya sendiri," katanya.

Flamini menghabiskan waktunya di bawah tanah melakukan latihan agar tetap bugar, melukis, dan menggambar serta merajut topi wol. Dia membawa dua kamera GoPro untuk mendokumentasikan kesehariannya di sana, dan membaca 60 buku serta meminum 1.000 liter air, menurut tim pendukungnya.

"Gua adalah tempat yang cukup aman, tetapi sangat memusuhi manusia dan otak karena Anda tidak melihat cahaya, Anda tidak tahu bagaimana waktu berlalu, Anda tidak memiliki stimulasi saraf," katanya.

"Bukannya waktu berlalu lebih cepat atau lebih lambat, hanya saja tidak berlalu, karena selalu jam empat pagi."

Pengalamannya digunakan oleh para ilmuwan di universitas Granada dan Almeria serta klinik tidur yang berbasis di Madrid. Mereka mempelajari dampak isolasi sosial dan disorientasi sementara yang ekstrem pada persepsi waktu dan dampaknya selama tidur.

Flamini dipantau oleh sekelompok psikolog, peneliti, speleologists atau spesialis dalam studi gua dan pelatih fisik yang mengawasi setiap gerakan hingga memantau kesejahteraan fisik dan mentalnya, meskipun mereka tidak pernah melakukan kontak.

Kantor berita negara Spanyol Efe mengatakan Flamini terpaksa menghentikan sementara tantangan setelah sekitar 300 hari dan menghabiskan delapan hari di tenda karena masalah teknis, tetapi tidak melakukan kontak dengan siapa pun sebelum turun kembali.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Kisah Atlet Terisolasi 500 Hari di Gua, Ceritakan Bagaimana Rasanya"