Hagia Sophia

24 April 2023

Kasus Infeksi Akibat Bakteri Pemakan Daging di AS Meningkat

Ilustrasi bakteri (Foto: Getty Images/iStockphoto/ClaudioVentrella)

Bakteri pemakan daging yang dapat membunuh satu dari lima orang terinfeksi, dilaporkan menyebar cepat melintasi pantai timur Amerika Serikat. Bahkan bakteri ini juga menyebar ke pantai-pantai populer di negara tersebut saat suhu mulai menghangat.

Adapun bakteri bernama Vibrio vulnificus atau V vulnificus ini bisa ditemukan di perairan dangkal yang bersuhu hangat di atas 64 derajat celcius. Mereka dapat menginfeksi melalui luka atau gigitan serangga, selama ada kontak dengan air laut yang mengandung bakteri tersebut.

Pada tahun 2021, Florida mencatat ada 65 kasus infeksi bakteri pemakan daging, dua kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dengan infeksi meningkat dari 10 menjadi 80 per tahun selama tiga dekade terakhir.

Dikutip dari Mirror, para ilmuwan menyebut kenaikan kasus itu terjadi akibat perubahan iklim dan pemanasan air laut.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Report di Nature.com, ada ribuan orang yang terinfeksi bakteri tersebut dan terdapat ratusan kematian di AS.

"Antara tahun 1988 dan 2016 ada lebih dari 1.100 infeksi luka yang dilaporkan di AS, dengan 159 kematian terkait - menyoroti dampak signifikan namun kurang dihargai dari patogen ini," demikian bunyi jurnal tersebut.

Pakar penyakit menular di Universitas Vanderbilt, Dr William Schaffner mengatakan dulu kasus infeksi bakteri ini hanya terkonsentrasi eksklusif di Teluk Meksiko di AS bagian selatan.

Namun menurut makalah ilmiah yang baru-baru ini terbit di Nature.com, kasus infeksi ini sudah mencapai Massachusetts sebagai akibat dari peningkatan suhu air laut, dan ada kemungkinan mencapai New York dalam dekade berikutnya.

Adapun gejala dari infeksi bakteri patogen oportunistik antara lain adalah diare berair yang disertai dengan kram perut, mual, muntah, demam, dan menggigil. Bahkan bisa juga menyebabkan kematian.

"Pada tahun 2081-2100, infeksi V vulnificus mungkin ada di setiap Negara Bagian AS Bagian Timur dengan emisi dan pemanasan yang tinggi di masa mendatang," demikian bunyi studi dari University of East Anglia

Perluasan dari infeksi luka V vulnificus menekankan perlunya peningkatan kesadaran kesehatan individu dan masyarakat di area ini.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bakteri Pemakan Daging Intai Pantai di AS, Kasus Infeksi Terus Meningkat!"