Hagia Sophia

16 May 2023

Anak Zaskia Mecca Dibawa ke RS, Diduga Keracunan Keong Sawah

Anak Zaskia Mecca, Kala Mandali masuk rumah sakit disebut keracunan makanan (Foto: Instagram: @zaskiadyamecca)

Kabar kurang menyenangkan datang dari artis Zaskia Adya Mecca. Anak keduanya, Kala Madali, dilarikan ke rumah sakit lantaran disebut keracunan tutut atau keong sawah.

Ibu enam anak itu pun menceritakan kronologi sang anak keracunan tutut melalui akun Instagram pribadinya.

"Mahalan lobster atau tutut (keong sawah) ?! Buat ku tutut! beli 11 ribu, basiannya puluhan juta... keracunan, berujung thypus," tulis Zaskia Adya Mecca di kolom caption.

Zaskia menjelaskan, Kala dirawat kurang lebih selama satu minggu di rumah sakit. Ia juga memberikan pesan untuk para pengikutnya terkait pengolahan tutut alias keong sawah.

"Dari sabtu tanggal 6 kemarin sampai sekarang minggu tanggal 14 kala belum membaik, pun besok belum terlihat hilal bisa pulang ke rumah.. Doain yaa semoga cepet enakan," ujarnya.

"Buat yang mau makan tutut saranku makan harus panas-panas , on the spot, jangan beli online yang kita juga ga tau tempat juga ke fresh an si tutut tersebut beginilah akhirnya huhu maafin ya Kal," ujar Zaskia Adya Mecca.

Meskipun demikian, kini Kala sudah boleh pulang dari rumah sakit. Hal ini diketahui dari Instagram Story Zaskia.

"Alhamdulilah walau belum pulih 100 persen, dokter bilang "yuk coba dirawat di rumah ya"," ucap Zaskia.

Terkait Keracunan Makanan

Dikutip dari National Health Service UK (NHS), keracunan makanan adalah penyakit yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Ini biasanya tidak serius dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Pada sebagian besar kasus keracunan makanan, biasanya makanan tersebut terkontaminasi oleh bakteri, seperti salmonella atau Escherichia coli (E. coli), atau virus, seperti norovirus.

Gejala keracunan makanan biasanya dimulai dalam satu hingga dua hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Adapun gejala utamanya meliputi:
  • Merasa sakit (mual)
  • Muntah
  • Diare, yang mungkin mengandung darah atau lendir
  • Kram perut dan sakit perut
  • Kekurangan energi dan kelemahan
  • Kehilangan selera makan
  • Suhu tinggi (demam)
  • Otot sakit
  • Panas dingin
Dalam kebanyakan kasus, gejala ini akan berlalu dalam beberapa hari dan Anda akan sembuh total.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Anak Zaskia Mecca Masuk RS Disebut Keracunan Tutut, Begini Kronologinya"