Hagia Sophia

16 May 2023

Kalah dari Brighton, Pemain Arsenal Ini Dikecam

Jakub Kiwior (kanan) dinilai terlalu lembek saat Arsenal dikalahkan Brighton & Hove Albion. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)

Arsenal praktis harus mengubur mimpi juara setelah dihajar Brighton & Hove Albion. Satu nama dikecam, yang dianggap memulai rangkaian petaka The Gunners.

Arsenal kalah 0-3 dari Brighton di Emirates Stadium, Minggu (15/5/2023) malam WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. Julio Enciso membobol The Gunners pada menit ke-51, lalu disusul gol Deniz Undav dan Pervis Estupinan pada menit ke-86 dan 96.

Tiga gol itu bisa dikatakan mengubur harapan juara Arsenal. Mereka tertahan dengan 81 poin dari 36 laga, empat poin dari Manchester City yang baru bermain 35 kali.

Satu nama menjadi sorotan tajam dalam kekalahan Arsenal semalam, yakni Jakub Kiwior. Bek tengah 23 tahun itu dianggap bertanggung jawab atas gol pertama Brighton, yang pada akhirnya memaksa Arsenal mengambil risiko lebih untuk membalikkan kedudukan.

Kiwior mengklaim telah dilanggar dalam duel dengan Evan Ferguson, dalam proses terciptanya gol. Ia merasa diinjak, yang mana memang terlihat dari sejumlah gambar dan cuplikan, sehingga kemudian menjatuhkan diri.

Masalahnya adalah wasit dan Video Assistant Referee (VAR) tak melihat ada cukup kontak untuk menganggapnya pelanggaran. Enciso pun dengan leluasa menyundul bola umpan Estupinan karena Kiwior yang seharusnya bisa menjaga malah tersungkur.
Momen itu justru bikin Kiwior 'dirujak' oleh para komentator. Mantan kapten Manchester United Roy Keane menilai seharusnya Kiwior mengamankan situasinya dulu alih-alih meminta pelanggaran, sebab pertaruhannya terlalu besar.

"Seorang bek tengah yang besar dan kuat, memilih menjatuhkan diri seperti itu...serius? Tentu dia bisa saja tetap berdiri," cetus Keane dikutip Metro.

"Kita bicara soal menempatkan badan kita di batas, itu urusan sangat mendesak, Anda enggak bisa menjatuhkan diri seperti itu cuma karena sepatunya lepas. Bukan kakinya yang lepas kan, sepatunya yang lepas!" imbuhnya.

Pandangan itu disetujui oleh legenda Arsenal Patrick Vieira. Vieira merasa Kiwior terlalu lembek dalam insiden itu.

"Anda berharap bek tengah Anda cukup kuat untuk tetap berdiri dan menahan bolanya dulu," ungkapnya.






























Artikel ini telah tayang di sport.detik.com dengan judul "Bek Arsenal Ini Dikecam: Cuma Sepatu yang Lepas, Bukan Kaki!"