Hagia Sophia

16 May 2023

Wanita Ini Bisa Deteksi Penyakit Parkinson Sebelum Resmi Diagnosis

Ilustrasi (Foto: iStock)

Setiap orang memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Salah satunya, seperti wanita bernama Joy Milne yang memiliki keunikan mengendus penyakit parkinson pada seseorang sebelum diagnosis resmi.

Joy juga sangat membantu para ilmuwan untuk mencoba memahami penyakit tersebut. Dalam sebuah video online, ilmuwan Australia Dr Karl menjelaskan Joy diberi kaos yang dikenakan oleh beberapa orang, di antaranya ada yang mengidap parkinson dan ada juga yang tidak. Joy pun disuruh menebak yang mana pasien dengan parkinson.

"Dia memilihnya secara akurat kecuali satu orang. Tapi sayangnya orang itu delapan bulan kemudian didiagnosis mengidap penyakit Parkinson," katanya, dikutip dari Daily Mail.

Joy, yang juga merupakan seorang nenek dari Perth di Skotlandia, mengaku bahwa dirinya memiliki indra keenam. Ia menyadari ketika suatu hari aroma suaminya berubah.

"Dia menyukai bau suaminya dan dia memiliki banyak kualitas yang bagus jadi tentu saja mereka menikah," jelas Dr Karl.

"Setelah beberapa dekade, dia tiba-tiba menyadari suatu hari suaminya mulai berbau busuk dan (12) tahun kemudian dia didiagnosis menderita penyakit Parkinson," ucapnya lagi.

Joy menghadiri kelompok pendukung parkinson bersama suaminya dan memperhatikan bahwa semua orang dalam kelompok itu memiliki bau yang sama.

Keberadaannya telah membantu dokter dan para ilmuwan dalam penelitian mereka tentang penyakit parkinson. Hidungnya dapat mendeteksi aroma parkinson yang paling kuat berasal dari belakang leher dan di antara tulang belikat pasien.

Hal Ini mengungkapkan bahwa sebum atau zat berminyak yang dikeluarkan dari pori-pori kulit mengandung sepuluh senyawa yang terkait dengan parkinson.

"Sungguh gila bagaimana dia 100 persen akurat dan bahkan mendeteksinya lebih awal dari pengujian terbaik yang kami miliki saat ini," kata seseorang yang kagum dengan kemampuan Joy.

Parkinson adalah gangguan gerakan dan suasana hati yang biasanya muncul dengan gejala seperti gerakan lambat, kekakuan otot, ketidakstabilan, tremor, depresi, dan kecemasan.

Diagnosis dapat terjadi pada usia berapa pun, namun usia paling umum mengidap kondisi ini adalah 65 tahun.































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Bak Kekuatan Super, Wanita Ini Bisa Cium Bau Pasien Parkinson sebelum Diagnosis"