Hagia Sophia

16 May 2023

Menkes Thailand ke TPS Kenakan Baju Motif Ganja

Menkes Thailand Anutin Charnivrakul menggunakan kemeja bermotif ganja. (Foto: via REUTERS/BHUMJAITHAI PARTY)

Menteri Kesehatan Thailand dan advokat ganja Anutin Charnivrakul menarik banyak perhatian saat mendatangi tempat pemungutan suara pada Minggu (14/5/2023). Saat itu, ia terlihat menggunakan kemeja berwarna hijau gelap dengan gambar daun ganja hijau cerah.

Pria berusia 56 tahun itu merupakan kandidat perdana menteri untuk Partai Bhumjaithai. Partai itu berkampanye dengan janji untuk mempromosikan marijuana medis setelah berhasil mendorong agar zat itu didekriminalisasi tahun lalu.

Dikutip dari Bangkok Post, penggunaan ganja untuk rekreasi melonjak tanpa adanya peraturan terkait. Dan hal itu membuatnya marah.

Jika terpilih kembali, Anutin berjanji akan memperketat peraturan untuk mengekang penggunaan ganja untuk rekreasi. Selain itu, ia juga akan membatasi penggunaan ganja hanya untuk tujuan medis.

Seperti yang diketahui, Thailand menjadi negara pertama di Asia yang melegalkan ganja untuk keperluan medis dan industri. Negara itu juga menghapus semua bagian ganja dari daftar tanaman obat-obatan narkotika.

Setelah dilegalkan pada Juni 2022, ganja sangat mudah untuk diakses di Thailand. Ganja mulai dijajakan dalam bentuk minuman, makanan, pasta gigi, hingga kue.

Maka dari itu, otoritas Thailand berupaya untuk mengendalikan dampak dari legalisasi ganja. Nantinya, tanaman ini hanya akan diperuntukan untuk keperluan medis.































Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Geger Menkes Thailand 'Nyoblos' di TPS Pakai Baju Bermotif Ganja"