Hagia Sophia

16 May 2023

Viral Wanita Tak Pakai Bra 5 Tahun, Ini Kata Dokter

Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/PORNCHAI SODA)

Seorang wanita viral lantaran mengaku tak pernah menggunakan bra selama lima tahun. Melalui akun TikTok pribadinya, ia mengungkap bahwa tidak mengenakan pakaian dalam membuatnya lebih bebas bergerak.

"Aku pendukung tidak menggunakan bra. Aku tidak memakainya dalam lima tahun," ungkapnya dalam akun TikTok @realmira_xo2.

Meskipun banyak yang menyebut bahwa tidak menggunakan bra dapat mengubah bentuk payudara, Mira mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami hal tersebut. Baginya, satu-satunya efek tidak menggunakan bra hanyalah putingnya yang kerap menonjol.

"Satu-satunya masalah adalah aku memiliki puting yang menonjol yang kadang-kadang bisa memalukan, tetapi kamu hanya perlu membiasakan diri," ungkapnya.

Bagaimana Efek Tidak Menggunakan Bra?

"Jawaban singkatnya adalah tidak berbahaya jika pergi tanpa bra," ungkap Deanna Attai, MD, seorang ahli bedah payudara dan profesor bedah klinis di UCLA, dikutip dari Health, Senin (15/5/2023).

Terkait payudara mengendur akibat tidak menggunakan bra, Dr Attai menyebut tidak benar. Pasalnya, payudara dapat mengendur karena proses penuaan dan peregangan ligamen. Hal ini bisa terjadi kepada mereka yang menggunakan maupun tidak menggunakan bra.

Faktor-faktor payudara mengendur pun beragam, mulai dari genetika, fluktuasi, berat badan, perubahan hormonal, kehamilan, dan merokok. Semua hal ini dapat mempengaruhi kapan dan seberapa banyak payudara mengendur. Meski begitu, menggunakan bra dapat mengurangi risiko payudara mengendur, terutama bagi mereka yang memiliki payudara yang lebih besar.

Perempuan yang memiliki payudara lebih besar berisiko mengalami pengenduran karena semakin berat payudara maka semakin banyak tekanan yang diberikan pada kelenjar di dalam payudara dan kulit di atasnya.

Maka dari itu, menggunakan bra mungkin bermanfaat bagi mereka yang memiliki payudara besar. Hal ini juga dapat memberikan dukungan tambahan, membantu postur tubuh, dan meringankan beberapa ketegangan di punggung, leher, dan bahu.






























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Viral Wanita Ngaku Tak Pakai Bra 5 Tahun, Dokter Beberkan Efeknya"