Hagia Sophia

11 May 2023

Beberapa Minuman Ini Bagus Dikonsumsi untuk Turunkan Berat Badan

Air putih merupakan salah satu minuman yang dapat menurunkan berat badan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen)

Tak sedikit orang yang melakukan penurunan berat badan dengan program diet yang ketat, salah satunya dengan tidak mengonsumsi asupan gizi dari makanan atau minuman. Padahal, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Memang, diet merupakan cara terbaik jika ingin menghindari risiko diabetes dan obesitas. Namun, perlu memperhatikan asupan gizi dari makanan, minuman, dan olahraga yang rutin agar proses diet justru tidak menyebabkan risiko penyakit.

Maka dari itu, selain memperhatikan pola makan dan asupan, seseorang juga perlu memperhatikan minuman yang cocok untuk program diet. Hal ini karena minuman mengandung kalori yang lebih rendah dan dapat mengontrol nafsu makan.

Dikutip dari Women's Health, berikut 12 minuman yang cocok untuk menurunkan berat badan:

1. Air putih
Air sangat penting untuk menurunkan berat badan. Selain itu, air putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti metabolisme, sirkulasi, energi, dan pencernaan. Menurut penelitian pada tahun 2019, mereka menemukan adanya penurunan berat badan yang signifikan terhadap seseorang yang mengonsumsi air putih.

Air putih juga bisa dimanfaatkan sebagai penahan rasa haus dan lapar. Seseorang dapat meminum segelas air penuh sebelum makan untuk mengatur nafsu makan. Namun, perlu diingat bahwa tetap menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara rutin.

2. Teh hijau
Teh hijau tanpa gula memiliki nol kalori dan penelitian juga mengatakan bahwa teh hijau membantu dalam mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu, teh hijau memiliki kandungan kafein dan katekin, yaitu antioksidan yang mendukung pembakaran lemak. Tak hanya itu, teh hijau juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh, seperti mencegah risiko terjadinya penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

3. Teh herbal
Teh herbal memiliki banyak rasa sehingga kandungan tiap rasa akan berbeda. Seperti, teh lavender dan chamomile bagus untuk relaksasi, sedangkan peppermint dapat membantu pencernaan. Tetapi, teh herbal ini termasuk rendah kalori dan menghidrasi tubuh.

4. Jus hijau
Jus hijau atau jus sayuran memiliki vitamin, mineral, dan antioksidan, tetapi tidak mempunyai serat yang sama saat memakan sayuran utuh. Maka dari itu, seseorang perlu memperhatikan jenis jus yang ingin di konsumsi. Seperti, jus buah nanas, timun, dan bayam, ketiga komponen ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama menurunkan berat badan.

5. Smoothie
Smoothie dikonsumsi sebagai pengganti makanan atau cemilan, tetapi perlu memastikan bahwa smoothie cukup mengenyangkan. Selain itu, perlu memperhatikan pilihan buah dan tidak memakai gula secara berlebihan. Gunakan buah yang memiliki banyak protein, serat, vitamin, dan mineral.

6. Kopi
Kopi hitam tidak mengandung kalori dan kafein dapat mempercepat metabolisme tubuh. Dalam sebuah studi tahun 2020 yang dilakukan oleh Harvard T,H menemukan bahwa mengonsumsi empat cangkir kopi per hari dapat mengurangi lemak tubuh hingga empat persen. Namun, jangan menggabungkan kopi dengan banyak gula atau susu karena membuat kalori menjadi tinggi.

7. Susu kacang
Susu kacang memiliki kandungan vitamin E, zat besi, antioksidan dan sangat rendah kalori. Selain itu, susu kacang memiliki kandungan lainnya seperti bebas laktosa, bebas gluten, dan vegan. Pilihlah susu kacang tanpa pemanis seperti gula.

Menurut studi tahun 2020, seseorang yang mengurangi asupan kalori, beralih ke susu berbahan dasar kacang, seperti susu almond untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan yaitu menurunkan berat badan.

8. Cuka apel
Tak sedikit orang yang suka menggabungkan cuka sari apel ke dalam minuman sehari-hari. Minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti pengaturan gula darah, membantu rasa kenyang lebih lama sehingga berat badan mudah untuk turun.

9. Air kelapa
Minuman ini mengandung elektrolit yang bagus untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, air kelapa memiliki kandungan vitamin C, magnesium, dan potasium yang baik untuk kekebalan tubuh, memproduksi kolagen di kulit, mengurangi berat badan, mengatur tekanan darah, dan memberikan antioksidan sebagai pencegahan risiko penyakit.

10. Teh jahe
Minuman ini dikenal dapat meredakan sakit perut, mengurangi rasa kembung, dan mual. Teh jahe tidak mengandung kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Penggunaan minuman ini untuk memperlancar proses diet bisa digabungkan dengan olahraga yang rutin.

11. Kombucha
Kombucha merupakan teh yang difermentasi. Selama proses ini terbentuklah probiotik yang menyehatkan dan mengandung antioksidan dari daun teh. Dalam sebuah artikel tahun 2021 yang diterbitkan di Current Developments In Nutrition, mengonsumsi teh ini dapat menyebabkan penurunan asupan kalori dan mengatur nafsu makan sehingga penurunan berat badan terasa lebih mudah.

12. Minuman berprotein
Seseorang dapat mengonsumsi minuman berprotein untuk menurunkan berat badannya. Minuman berprotein biasanya terbuat dari bubuk atau cair. Namun, perlu memperhatikan kandungan kalori dan gulanya sebelum dikonsumsi.





























Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Pejuang Diet Merapat! 12 Minuman Ini Ampuh Turunkan BB"